Senin 28 Juni 2021, 13:52 WIB

Moeldoko Dukung Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Moeldoko Dukung Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19

Antara
Ketua Umum HKTI Moeldoko

 

KETUA Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko menyatakan dukungan penggunaan obat cacing Ivermectin untuk pengobatan covid-19. Dia menyebut sejauh ini penggunaan obat cacing itu dalam pengobatan pasien covid-19 manjur. Terlebih, kata dia, kondisi penanganan pasien saat ini membutuhkan terobosan.

"Belum semua mendapatkan vaksin. Dengan perkembangan covid-19 saat ini, kami menilainya ini situasi yang kritis, bukan situasi yang normal. Maka diperlukan critical thinking, sebuah solusi dalam kondisi kritis seperti ini," kata Moeldoko dalam konferensi pers daring, Senin (28/6).

Moeldoko menyampaikan obat Ivermectin saat ini sudah mulai digunakan di sejumlah daerah. Menurut Moeldoko, data sejauh ini menunjukkan penggunaan obat cacing itu ampuh.

Baca juga : 75% Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja tidak Akurat

Dia mengklaim penggunaan Ivermectin di beberapa daerah seperti di Tangerang, Jakarta Timur, Depok, dan Bekasi bisa menghasilkan tingkat kemanjuran hampir 100%.

Mengutip sejumlah hasil penelitian dan uji klinis di negara-negara lain, Moeldoko juga menyebut Ivermectin mampu menekan tingkat kematian pasien covid-19. Sejauh ini, kata dia, ada 15 negara yang menggunakan Ivermectin antara lain Peru, Meksiko, dan Slovakia.

Dia mengimbau agar semua pihak tak terjebak dalam debat yang kontraproduktif terkait penggunaan Ivermectin itu. Pasalnya, kata dia, kondisi saat ini tengah kritis lantaran kasus covid-19 terus menanjak.

"Kita tahu Ivermectin digunakan sebagai obat cacing. Tapi saat ini kita memasuki situasi yang kritis, penyebaran (covid-19) di mana-mana. Ketersediaan BOR (tempat tidur rumah sakit) semakin sedikit. Kita paham adanya varian atau mutasi baru," ucap Moeldoko. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/ Andri Widiyanto

Vaksinasi di Kalteng Capai 83,47 Persen

👤Ant 🕔Selasa 18 Januari 2022, 20:48 WIB
Sedangkan vaksinasi dosis II untuk tingkat provinsi sudah mencapai 51,06...
DOK UI.

Andika Perkasa dan Ari Kuncoro Bahas Penguatan Kerja Sama UI-TNI

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Januari 2022, 20:47 WIB
Berkat kerja sama tersebut, prajurit TNI AD berkesempatan mendapat beasiswa kuliah di kedokteran...
Handout / Merck & Co,Inc. / AFP

BPOM: Obat Anti Covid-19 Molnupiravir diproduksi Indonesia pada Mei-Juni 2022

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 18 Januari 2022, 20:40 WIB
Ia mengatakan PT Amarox Pharma Global sebagai anak perusahaan Hetero Labs Ltd, India akan memproduksi Molnupiravir kapsul keras di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya