Rabu 12 Mei 2021, 15:06 WIB

Penumpang Pesawat Turun, Kapolri: Tetap Waspadai Arus Balik

Rahmatul Fajri | Humaniora
Penumpang Pesawat Turun, Kapolri: Tetap Waspadai Arus Balik

Antara
Ilustrasi terminal domestik bandara yang sepi saat larangan mudik Lebaran.

 

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo melihat adanya penurunan penumpang pesawat di tengah kebijakan larangan mudik Lebaran pada tahun ini. Kendati demikian, pihaknya tetap mewaspadai mobilitas masyarakat saat arus balik.

"Arus mudik saya kira kita sudah lihat angkanya menurun. Namun, yang harus diantisipasi nanti arus baliknya," ujar Listyo saat meninjau Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (12/5).

Dia pun meminta anggotanya yang bertugas di Bandara Soekarno-Hatta untuk tetap memperkuat pengawasan. Tujuannya, mengantisipasi mobilitas masyarakat pada arus balik. Listyo juga meminta agar ada pengawasan lebih rinci saat pengecekan hasil tes swab PCR.

Baca juga: Satgas Imbau Waspada Tren Perburukan Kasus Covid-19 di Sumatra

"Saya lihat masih ada satu celah, saya minta itu untuk diperkuat. Pada saat datang, kemudian pengecekan PCR, saya minta untuk dilakukan pengecekan lagi. Khususnya, setelah diperiksa dengan menggunakan thermo gun. Jika suhunya tidak normal, segera laksanakan pemeriksaan antigen," imbuh Listyo

Tidak kalah penting, dia meminta anggotanya untuk mengecek status vaksinasi terhadap pendatang. Jika belum mendapatkan vaksin covid-19, pendatang tersebut harus diawasi dengan ketat.

Baca juga: Jaga Positivity Rate Indonesia dengan tidak Memaksa Mudik

"Kalau mereka belum vaksin, artinya ada kemungkinan mereka juga jadi carrier. Sehingga betul-betul harus dilaksanakan pemeriksaan," pungkasnya.

Listyo turut menginstruksikan anggotanya agar mengawasi proses karantina yang harus dijalani pendatang. Dia menekankan jangan sampai ada pendatang yang kabur dari proses karantina di masa pandemi covid-19.

"Saat mereka start di bandara dan sampai hotel yang sudah ditentukan, ada petugas di dalam. Tolong diatur dengan baik. Kalau kekurangan anggota, minta ke Polda Metro atau minta ke Mabes. Mulai dari alur kedatangan sampai hotel, sampai mereka keluar, seluruh prokes dilaksanakan dengan baik," tutupnya.(OL-11)
 

 

 

 

Baca Juga

freepik

Ini Lima Cara Ajak Anak Sukai Ilmu Pengetahuan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 08:45 WIB
Pembelajaran STEM dapat membekali siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatasi tantangan di industri 4.0 yang mendorong lebih...
Medcom

Risiko ODHA Terinfeksi Covid-19 Sama dengan Orang Lain

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 07:45 WIB
Walau begitu, dapat terjadi peningkatan risiko lebih tinggi atau lebih mudah terinfeksi jika ODHA belum mencapai tahap supresi virus...
Ilustrasi

Deteksi Dini Bisa Selamatkan Pasien Kanker Hati 

👤M. Iqbal Al MAchmudi 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 22:45 WIB
Karsinoma sel hati (hepatoseluler karsinoma) adalah salah satu jenis kanker hati yang paling umum dengan prognosis/kemungkinan terjadinya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya