Selasa 11 Mei 2021, 22:35 WIB

Masjid Nursiah Daud Paloh Batalkan Salat Idul Fitri 1442 H

Ade Alawi | Humaniora
Masjid Nursiah Daud Paloh Batalkan Salat Idul Fitri 1442 H

Dok. Masjid Nursiah Daud Paloh
Masjid Nursiah Daud Paloh

 

MASJID Nursiah Daud Paloh Media Group membatalkan penyelenggaraan Salat Idul Fitri 1442 hijriah yang akan digelar di halaman parkir kompleks Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, pada Kamis (13/5). 

Ketua Dewan Pembina Masjid Nursiah Daud Paloh Arif Nugroho mengatakan pembatalan dilakukan dengan melihat perkembangan pandemi covid-19 yang semakin mengkhawatirkan belakangan ini. 

"Kami juga mempertimbangkan arahan dari Kementerian Agama dan Gubernur DKI Anies Baswedan. Singkat kata, kami ingin menghindari mudarat yang lebih besar jika salat Id dilaksanakan dalam kondisi yang tidak kondusif," kara Arif yang juag Direktur Keuangan, HR, dan Technical Support Metro TV dalam keterangannya, Selasa (11/5).

Menurutnya, kasus terinfeksi virus korona sempat menurun, namun kini jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia berangsur kembali naik belakangan ini. Data per Selasa (11/5), jumlah kasus positif bertambah 5.021, sehingga totalnya menjadi 1.723.596 kasus. Sementara kasus kematian hari ini bertambah 247 kasus sehingga total kematian karena covid berjumlah 47.465 kasus.

Arif mengimbau kepada jemaah untuk melaksanakan Salat Idul Fitiri di rumah masing-masing.

Baca juga : Muslim Indonesia di Belgia Galang Donasi Bangun Masjid di Brussels

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia, pada Senin (10/5), mengatakan kasus positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 7,9%. 

"Sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 10,9%," terangnya. WHO menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5%.

Sedianya, kata Arif, Masjid Nursiah Daud Paloh akan menghadirkan Khatib Idul Fitri Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif HIdayatullah Jakarta. Arskal yang juga Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Lektur, Khazanah Keagamaandan Manajemen Organisasi, Kementerian Agama RI, akan memberikan khutbah yang bertema "Idul Fitri di Masa Pandemi: Momentum Mudik ke Dalam Diri Sendiri."

Tak hanya Masjid Nursiah Daud Paloh, Masjid Istiqlal juga membatalkan Salat Idul Fitri Tingkat Kenegaraan 1442 H/2021 M. Pembatalan disampaikan Direktur Penerangan Agama Islam Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Juraidi dalam suratnya tertanggal 10 Mei 2021. (OL-7)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Irfan Anshori

Blitar Jadi Kota Pertama Dalam Uji Coba New Normal di RI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 18 Oktober 2021, 18:30 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan Blitar akan memulai percobaan penerapan new normal pertama...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Luhut Yakin Indonesia Masuk ke Endemi Covid-19 Jika Libur Nataru Terkendali

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Senin 18 Oktober 2021, 18:10 WIB
Salah satu syaratnya, yakni kasus selama libur Natal dan tahun baru (nataru)...
AFP

Umrah Saat Pandemi, Dilaksanakan Melalui Satu Pintu

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 18 Oktober 2021, 16:37 WIB
"Umrah akan dicoba satu pintu akan menggunakan asrama haji jadi umrah rasa haji jadi ada wacana satu pintu," jelas Direktur...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya