Jumat 23 April 2021, 20:51 WIB

Gerakan Masjid Bersih Targetkan 30 Ribu Masjid Jadi Higienis

mediaindonesia.com | Humaniora
Gerakan Masjid Bersih Targetkan 30 Ribu Masjid Jadi Higienis

Ist
Bersamaan kedatangan bulan suci Ramadan, kegiatan sosial tahunan 'Gerakan Masjid Bersih' (GMB) kembali dilaksanakan. 

 

BERSAMAAN kedatangan bulan suci Ramadan, kegiatan sosial tahunan 'Gerakan Masjid Bersih' (GMB) kembali dilaksanakan. Kegiatan  yang kelima kalinya untuk mewujudkan masjid yang nyaman dan aman kembali dilaksanakan Dewan Masjid Indonesia (BMI) bersama PT Unilever Indonesia Tbk. 

Melalui brand Sahaja -- brand yang memberikan perlindungan higienis untuk rumah dan seluruh anggota keluarga, yang mengusung nilai-nilai islami, Unilever Indonesia dan DMI menargetkan 30 ribu masjid tetap higienis dan terjaga di bulan Ramadan tahun ini.

“Walaupun harus menjalani Ramadan dengan situasi yang berbeda, kerinduan untuk beribadah di masjid kini dilakukan dengan sejumlah penyesuaian. Penerapan protokol kebersihan dan kesehatan menjadi sebuah keharusan untuk dipatuhi oleh jamaah," ujar Willy Saelan, Direktur Human Resources PT Unilever Indonesia, Tbk. pada keterangan pers, Jumat (23/4).

"Di Gerakan Masjid Bersih tahun ini, kami secara konsisten menjaga higienitas masjid dengan mendonasikan puluhan ribu perangkat kebersihan sekaligus mengedukasi masyarakat, khususnya para marbut sebagai garda terdepan penjaga rumah ibadah, khususnya di wilayah masjid," paparnya.

Menurut Willy, GMB merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen kehadiran Unilever Muslim Centre of Excellence (MCOE) yang PT Unilever Indonesia luncurkan pada awal bulan ini.

"Satu komitmen kami adalah mewujudkan komunitas muslim yang lebih sehat dan sejahtera melalui rangkaian program pengembangan ekonomi syariah, pemberdayaan masyarakat, serta edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ujar Willy.

Sementara itu, Drs. H. Andi Mappaganty, MM, Ketua Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia Bidang Sosial & Kemanusiaan berkomentar, “Gerakan untuk menjaga kebersihan dan kesucian masjid, sudah digagas sejak 2017 lalu oleh DMI dan bergandengan tangan bersama Unilever Indonesia, melalui kegiatan Gerakan Masjid Bersih."

Menurut Andi, di momen Ramadan kali ini, kegiatan ini tentu semakin relevan, mengingat kebutuhan untuk menjaga kebersihan lingkungan termasuk masjid semakin signifikan.

"Di tahun kelima program GMB berjalan, kami mengapresiasi kerjaxsama antara DMI dan Unilever yang secara konsisten telah terus dijalankan, dan memberi dampak bagi kemaslahatan umat," tuturnya.

"Dengan sekarang masjid sudah kembali dibuka dengan segala penyesuaian, saya menghimbau masyarakat untuk dapat beribadah namun tetap memastikan keamanan diri masing – masing dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku,” ucap Andi.

Sejak tahun 2017, Gerakan Masjid Bersih telah menjangkau lebih dari 100 ribu masjid di Indonesia. Semangat kebaikan dan kebersihan GMB juga penting untuk dibawa ke lingkungan rumah. Dengan memastikan untuk ‘Menjadikan Rumah Higenis Penuh Makna’, masyarakat dapat meraih ketenangan pikiran, dan lebih khusyuk dalam beribadah.

Terkait GMB, Alyssa Soebandono, Brand Ambassador Sahaja dan Ibu menambahkan, “Sudah mejadi tugas seorang istri memberikan perlindungan pada anggota keluarga dari bahaya kuman dan virus, termasuk juga menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar.'

"Oleh karena itu, saya selalu mengingatkan Dude (suaminya) ketika akan beribadah di masjid untuk melakukan lima langkah berikut ini," jelas Alyssa.

Pertama, membawa sejadah sendiri. Kedua, menyemprotkan spray higenis di area tempat sholat, termasuk di sejadah. Ketiga, mencari shaf paling depan memang utama, namun jangan lupakan tetap menjaga jarak.

Keempat, menggunakan hand sanitizer secara berkala. Kelima, memohon pada Allah perlindungan, dengan mengamalkan doa keluar rumah. 

Sejalan dengan semangat #MariBerbagiPeran yang diusung perusahaan, melalui brand Sahaja, GMB tahun ini melibatkan berbagai pihak untuk memberikan dampak positif yang lebih luas melalui serangkaian kegiatan.

Dengan pembelian produk Sahaja, konsumen secara otomatis men-shadaqahkan 2,5% dari penjualan besih, dan akan langsung disalurkan ke Baznas untuk berbagai kegiatan sosial, termasuk menjaga higienitas masjid. 

Memanfaatkan platform digital, melalui aplikasi KESAN dari komunitas Nahdatul Ulama, Sahaja turut  mengedukasi masyarakat terkait penerapan protokol kebersihan.

Selama bulan Ramadan, Sahaja menggandeng Shopee sebagai mitra e-commerce resmi, untuk mengajak masyarakat ambil bagian dalam kegiatan GMB, dengan cara membeli paket Sahaja GMB - yang nantinya akan langsung disalurkan ke DMI sebagai salah satu bentuk shadaqah di bulan penuh keberkahan ini. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

Ist

Sapa Raja Hotels Group Gelar Sales Conference & Media Agent Gathering

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 15:03 WIB
Raja Hotels Group merupakan salah satu manajemen Hotel yang menaungi 42 properti hotel, vila, resort, water boom and guest house...
DOK Pribadi.

Dukung Seni Perkotaan, Pylox Dukung Indonesia Comic Con

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:33 WIB
Pesatnya perkembangan informasi dan komunikasi membuat ranah subkultur menjadi cepat meluas. Salah satu ranah tersebut ialah pop art atau...
DOK Kemenkominfo.

Kunci Sukses Berkarya di Media Sosial

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:00 WIB
Education influencer, Fathia Fairuza, mengatakan untuk bisa sukses berkarya di media sosial kita harus paham passion...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya