Selasa 20 April 2021, 10:18 WIB

8 Bandara AP II Sudah Sediakan GeNose, Ini Daftarnya

Insi Nantika Jelita | Humaniora
8 Bandara AP II Sudah Sediakan GeNose, Ini Daftarnya

ANTARA/Ardiansyah
Calon penumpang meniupkan nafas ke dalam kantong untuk di tes menggunakan alat GeNose C19 di Bandara Radin Inten II Lampung Selatan.

 

SAAT ini sudah ada delapan bandara yang dikelola PT Angkasa Pura (AP) II yang telah menyediakan fasilitas pengetesan covid-19 menggunakan layanan pendeteksi covid-19, GeNose C19, sebagai salah satu persyaratan perjalanan.

Presiden Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan fasilitas tes GeNose C19 dibuka secara bertahap di seluruh bandara AP II melihat kesiapan berbagai aspek seperti peralatan, SDM, dan prosedur.

Pada Senin (19/4), misalnya, layanan pendeteksi virus menular itu dibuka di tiga bandara yakni Bandara Radin Inten II (Lampung), Bandara Supadio (Pontianak), dan Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang).

Baca juga: Taati Prokes, Jadikan Kasus Covid-19 India Sebagai Pembelajaran

"Kami yakin pelaksanaan tes dengan GeNose C19 di bandara-bandara AP II berjalan dengan baik karena persiapan matang yang sudah dilakukan," kata Awaluddin dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (20/4).

Dia menyebut, GeNose C19 merupakan salah satu fasilitas tes covid-19 di Airport Health Center yang ada di bandara-bandara AP II. Fasilitas tes lainnya yang ada di bandara AP II adalah rapid test antigen dan PCR test.

Awaluddin juga menuturkan rata-rata penggunaan GeNose C19 di setiap bandara berkisar sekitar 15% hingga 20% dari total jumlah penumpang pesawat setiap harinya.

Adapun layanan GeNose C19 di seluruh bandara AP II diopesikan oleh pihak ketiga yang memiliki kompetensi seperti Farmalab, sementara tarif untuk layanan ini sebesar Rp40 ribu per orang.

Sesuai dengan SE Kemenhub Nomor 26 tahun 2021, penumpang pesawat dalam negeri pada masa pandemi, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif RT-PCR atau hasil rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 2 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau hasil negatif tes GeNose C19 di bandara dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan menuju Bali.

Sementara itu, untuk tujuan selain Bali, wajib memenuhi menunjukkan surat hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 3 x 24 jam atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimla 2 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau hasil negatif tes GeNose C19 di bandara dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Berikut daftar lengkap bandara AP II yang telah membuka fasilitas tes covid-19 dengan GeNose C19:

  1. Bandara Husein Sastranegara (Bandung)
  2. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang)
  3. Bandara Sultan Thaha (Jambi)
  4. Bandara Depati Amir (Pangkalpinang)
  5. Bandara HAS Hanandjoeddin (Belitung)
  6. Bandara Radin Inten II (Lampung)
  7. Bandara Supadio (Pontianak)
  8. Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang). (OL-1)

Baca Juga

DOK @limofficial_lirboyo di Instagram.

Keutamaan Nama Allah Dibandingkan dengan Asmaul Husna yang Lain

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:12 WIB
Allah merupakan namanya yang termasyhur dan paling agung. Lafal Allah biasanya disebut dengan ismu al jalalah atau lafdzu al...
MI/Anton

9.458 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB UI

👤Anton Kustedja 🕔Senin 08 Agustus 2022, 20:42 WIB
Para mahasiswa baru tersebut terdiri atas 8.021 mahasiswa program sarjana (S1 Reguler, S1 Paralel, dan S1 Kelas Internasional) dan 1.437...
DOK MI.

Tafsir Ayat Membunuh Seorang Manusia seperti Membunuh Seluruh Manusia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 20:40 WIB
Dalam surat Al-Ma'idah ayat 32 Allah swt menetapkan bahwa membunuh seorang manusia seakan-akan membunuh seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya