Rabu 14 April 2021, 17:57 WIB

PPKM Mikro akan Diperpanjang hingga Herd Immunity Tercapai

Putri Anisa Yuliani | Humaniora
PPKM Mikro akan Diperpanjang hingga Herd Immunity Tercapai

Antara/Wahyu Putro A.
Warga mengamati tulisan yang ditujukan kepada tenaga medis di depan Wisma Atlet Jakarta, Rabu (24/3).

 

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro efektif menekan penularan kasus covid-19. Penurunan kasus aktif covid-19 terjadi di seluruh daerah yang menerapkan PPKM Mikro seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

"Di Jakarta saat ini kasus aktif tinggal 8.000-an kasus. Begitu juga di daerah lain," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Provinsi DKI Jakarta yang disiarkan secara virtual, Rabu (14/4).

Menurunnya penularan covid-19 berdampak langsung pada bed occupancy rate (BOR) di RS rujukan covid-19. BOR di RS rujukan covid-19 mulai menurun. Bahkan data menunjukkan BOR di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, menurun ke 24%.

Tingkat kesembuhan pasien covid-19 di Indonesia juga terus membaik hingga mencapai 90,4% di atas tingkat kesembuhan pasien covid-19 rata-rata secara global yakni 80,46%. Persentase kasus aktif di Indonesia hanya satu digit yakni 6,9% di bawah persentase kasus aktif secara global yakni 17%.

Airlangga pun mengatakan PPKM Mikro akan terus dilanjutkan sampai herd immunity di Indonesia tercapai melalui vaksinasi covid-19 kepada 70% penduduk Indonesia. "Ini belum pernah terjadi sebelumnya maka harus kita jaga. Kita tahu bahwa di negara-negara lain sedang mengalami gelombang ketiga serangan pandemi. Untuk itu, PPKM akan terus diperpanjang sampai target herd immunity kita tercapai," jelas Airlangga.

Di sisi lain, capaian vaksinasi covid-19 di Indonesia terus membaik dan masuk 10 besar dunia. Capaian vaksinasi covid-19 di Indonesia telah mencapai angka 15,6 juta dosis. Indonesia berada di posisi ke-9 vaksinasi covid-19 terbanyak di atas Prancis sebanyak 14,86 juta dosis.

Amerika Serikat berada di posisi pertama dengan 189,69 juta dosis diikuti oleh Tiongkok sebanyak 167,34 juta dosis. India sudah menyuntikkan 108,29 juta dosis vaksin dan Inggris 95,96 juta dosis. Ini disusul Brasil, Turki, dan Jerman yang berada di posisi ke-6, ke-7, dan ke-8. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Prajurit TNI AL Diterjunkan untuk Tegakkan Prokes di Dumai

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 18 Juni 2021, 08:09 WIB
Para Babinpotmar tersebut juga membantu aparat Pemerintah Kota Dumai, khususnya Dinas Kesehatan setempat, melakukan aksi pelacakan,...
Ilustrasi

Lonjakan Kasus Pasca-Idulfitri Harus Jadi Pembelajaran

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 18 Juni 2021, 07:55 WIB
Meski tahun 2021 tidak mengalami persentase kenaikan sebesar tahun lalu, beberapa kabupaten/kota tertentu mengalami lonjakan dalam rentang...
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Melakukan Upaya Preventif Secara Kolektif Jadi Solusi Atasi Pandemi

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 18 Juni 2021, 07:37 WIB
Merujuk pada hasil studi Matraj dan Leung (2020), menyatakan semakin dini intervensi pencegahan, maka semakin berdampak melandainya kurva...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Haru Biru King Christian

Di timnas Denmark, sosok berjuluk ‘King Christian’ telah menjadi sosok kunci sejak penampilan pertamanya pada 2010, membuat 109 penampilan dan mencetak 36 gol.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya