Sabtu 27 Februari 2021, 01:50 WIB

Operasi TMC di Jabodetabek-Jabar Berlangsung hingga Minggu

Atalya Puspa | Humaniora
Operasi TMC di Jabodetabek-Jabar Berlangsung hingga Minggu

MI/Rudi Kurniawansyah.
BPPT menerjunkan tim TMC untuk melaksanakan redistribusi curah hujan yang berpotensi banjir di Jabodetabek.

 

OPERASI teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk meredam ancaman banjir di wilayah Jabodetabek akan berlangsung hingga Mingu (28/2). Setelahnya, TMC dilakukan di daerah Riau.

"Untuk wilayah DKI dan Jawa Barat, TMC akan dilakukan sampai Minggu (28/2). Selanjutnya, TMC kami alihkan ke Riau, rencana terhitung dari 3 Maret," kata Pelaksana Harian (Plh) Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jarwansyah kepada Media Indonesia, Jumat (26/2).

Kepala Balai Besar Teknologi Modifikas Cuaca BPPT Jon Arifian mengungkapkan, pada Jumat (26/2) disiapkan sebanyak 5 ton garam NaCl untuk dilakukan penyemaian di sejumlah titik di Jabodetabek. "Hari ini (kemarin) sekitar 5 ton garam NaCl akan disemai menggunakan pesawat CN 295 dan Casa 212," ucap Jon.

Sebelumnya, Kamis (25/5), sebanyak 4,4 ton garam NaCl telah disemaikan pada wilayah Jabodetabek. Kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan pesawat TNI CN 295 (A-2901) yang dipiloti oleh Kapten Pnb Iskandar dan Kapten Pnb Riyo sebanyak dua sorti penerbangan.

Pada Selasa (24/2), kolaborasi BNPB, BPPT, TNI, serta instansi terkait juga telah melakukan penyemaian garam NaCl hingga sebanyak 9,2 ton. "Secara gambaran teknis, dengan penyemaian garam ke bibit awan, hujan akan turun sebelum masuk ke wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Tentu hal itu juga dilakukan dengan melihat panduan prakiraan cuaca dari BMKG," jelasnya. (OL-14)

Baca Juga

Instagram @jokowi

Presiden: Penanganan Kesehatan & Pemulihan Ekonomi Harus Seimbang

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 15 April 2021, 05:29 WIB
Dua hal tersebut harus berjalan secara beriringan dan seimbang agar krisis akibat pandemi betul-betul bisa...
MI/Seno

Tolak Bala Kalangan Wali

👤Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal 🕔Kamis 15 April 2021, 03:00 WIB
SUATU ketika Rabi’ah al-Adawiyah, seorang sufi perempuan terkenal, mengembara demi mencari tempat yang lebih tenang dan khusyuk untuk...
DOK/Kalbis Institute

Mahasiswa Kalbis Institute Borong Hibah Kompetisi Kewirausahaan

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 15 April 2021, 00:33 WIB
Tiga tim dari Kalbis Institute mampu menduduki posisi enam besar dan memenangkan hadiah sebesar Rp25 juta serta berhak mendapatkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya