Minggu 29 November 2020, 19:24 WIB

Satgas Covid-19 Sesalkan Sikap Rizieq yang tak Kooperatif

Mediaindonesia.com | Humaniora
Satgas Covid-19 Sesalkan Sikap Rizieq yang tak Kooperatif

AFP/Bay Ismoyo
Rizieq Shihab saat berada di kerumunan orang yang menjemputnya sepulang dari Arab Saudi

 

KETUA Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyesalkan sikap pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang menolak untuk dilakukan penelusuran kontak mengingat pernah melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19.

"Kami meminta Saudara Rizieq sebagai tokoh masyarakat untuk kooperatif dan memberikan teladan dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19. Pemerintah akan melakukan langkah dan tindakan tegas bagi siapapun yang melanggar ketentuan yang membahayakan keselamatan dan kesehatan masyarakat," kata Doni dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/11).

Doni menegaskan, semua elemen masyarakat harus kooperatif terhadap upata penanganan Covid-19 agar kasus Covid-19 di Indonesia bisa ditekan. Menurutnya, Empati dan dukungan harus diberikan kepada para tenaga kesehatan maupun relawan yang berjibaku menjalankan penanganan kesehatan.

Baca juga : Polisi Panggil Rizieq Shihab Selasa

Doni menjelaskan, pemberlakuan tes, telusuri, tindak lanjut (testing, tracing, treatment/3T) merupakan langkah untuk mengendalikan penularan Covid-19, disamping upaya pencegahan melalui 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Testing, tracing dan Treatmet merupakan tindakan kemanusiaan dan nondiskriminatif sehingga siapapun wajib mendukungnya," ujar Doni.

Doni mengingatkan, dalam situasi penularan Covid-19 yang masih terjadi setiap warga negara hendaknya menjalankan protokol kesehatan termasuk secara sukarela untuk dites, ditelusuri kontak eratnya serta bersedia menjalani perawatan atau karantina jika positif tertular virus korona. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Yayasan Kesehatan Dukung Program Vaksinasi Covid-19 Gratis

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 19:29 WIB
Saat ini fasilitas vaksinasi Covid-19 di Indonesia baru diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam menanggulangi...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kasus Covid-19 Mingguan di Indonesia Meningkat 27,5%

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 19 Januari 2021, 19:21 WIB
Adapun hari ini, kasus covid-19 di Indonesia tercatat bertambah 10.365 kasus sehingga total kasus menjadi 927.380...
Antara

Wapres: Percepat Evakuasi dan Distribusi Logistik Korban Bencana

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 19 Januari 2021, 19:09 WIB
Wapres meminta BNPB, Kementerian Sosial, dan pemerintah daerah mempercepat proses evakuasi korban ke lokasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya