Minggu 29 November 2020, 05:15 WIB

Selaraskan Masyarakat Paham tentang Pandemi

(Fer/H-1) | Humaniora
Selaraskan Masyarakat Paham tentang Pandemi

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pd.
Anggota Komisi I DPR RI, Muhammad Farhan

 

MASIH adanya beberapa kalangan termasuk pekerja seni yang tidak memercayai adanya pandemi covid-19 patut disesalkan. Hal ini juga menjadi tantangan besar bahwa pemahaman masyarakat terkait penyebaran dan bahaya virus korona ini belum merata.

Anggota Komisi I DPR RI, Muhammad Farhan, mengatakan hal itu dalam diskusi virtual bertajuk FGD: Kebangkitan Industri Seni, Musik, dan Kreatif Menuju Mengarusutamakan Vaksin Covid-19, kemarin. "Bahkan beberapa musikus juga turut menyampaikan hal senada dalam akun media sosialnya. Ini patut disesalkan," ujarnya.

Musisi atau seniman, menurut Farhan, memiliki tempat khusus di hati dan benak masyarakat serta media sehingga apa pun yang dikatakan 'ngaco' atau benar, didengar dan berpengaruh.

Untuk itu, menurut Farhan, pemerintah harus memastikan upaya yang dilakukan berlandaskan dalam posisi krisis. "Pertanyaannya ialah apakah masyarakat merasa ini krisis? Apakah kita punya level pengertian sama?" paparnya.

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Imran Agus Nurali mengajak masyarakat disiplin dengan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan (3M) serta mencuci tangan pakai sabun secara berkala. "Prinsipnya ialah melindungi saya dan melindungi Anda," ujarnya.

Terkait vaksin, menurut Imran, yang paling krusial, yakni dari sisi usia untuk mendapatkannya. "Tentunya tenaga kesehatan terdepan yang harus dilindungi. Apabila mereka tidak terlindungi, siapa yang merawat masyarakat yang terpapar covid-19," katanya. (Fer/H-1)

Baca Juga

Antara/Bayu Pratama

Kondisi Ekologis dan Curah Hujan Tinggi, Penyebab Banjir Kalsel

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 19 Januari 2021, 18:57 WIB
KLHK mengungkapkan lokasi banjir di Kalsel merupakan daerah datar dan elevasi rendah, serta bermuara di laut....
Antara

Segera Atasi Dampak Bencana Alam di Sejumlah Daerah

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 17:46 WIB
Posko-posko pengungsian, tegas Rerie, harus benar-benar diatur, agar tidak menjadi klaster baru penyebaran...
Ist

HUT MI: Mengeja dan Memaknai Huruf-Hurufnya Sendiri

👤Baharman Hasyim Pedoki 🕔Selasa 19 Januari 2021, 17:09 WIB
Wartawan Media Indonesia (1990-2019), Djajat Sudradjat memaknai keberadaan surat kabar yang lahir 19 Januari 1970 dengan caranya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya