Jumat 27 November 2020, 19:55 WIB

BPIP Imbau Kerumunan Jangan Terulang Selama Pandemi

Andhika prasetyo | Humaniora
BPIP Imbau Kerumunan Jangan Terulang Selama Pandemi

Antara
.

 

STAF Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Sustyo mendesak pemerintah, swasta dan masyarakat untuk bergotong royong mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Ia mengimbau jangan sampai kerumunan yang terjadi di Petamburan dan beberapa daerah lain di Jakarta dan Jawa Barat kembali terulang di kemudian hari.

"Kita sudah melihat bahwa kerumunan itu telah menciptakan klaster covid-19 baru. Itu sebenarnya bisa dihindari jika kita semua punya kesadaran kolektif," ujar Benny melalui keterangan resmi, Jumat (27/11).

Baca juga: Disiplin Protokol Kesehatan Harus Jadi Gerakan Utama Masyarakat

Menurutnya, kerumunan merupakan sebuah pelanggaran besar karena telah mengingkari kesepakatan bersama tentang protokol kesehatan di masa pandemi. Hal tersebut dapat membahayakan keselamatan masyarakat secara luas, bukan hanya mereka yang ikut di dalam kerumunan.

Oleh karena itu, ia meminta kepala daerah untuk menindak tegas pihak-pihak yang berupaya membuat kegiatan serupa dan memicu kerumunan

"Tidak ada yang harus diistimewakan dalam aturan ini. Kepala Daerah harus berani mengambil sikap sehingga fungsinya tidak hilang," tegas dia.

Ia menilai, saat ini, penegakan hukum peraturan protokol kesehatan lebih tajam ke bawah dari pada ke atas.

"Ya sebenarnya hukum itu lebih tajam ke bawah, ke pedagang kaki lima, kepada masyarakat kecil, akan tetapi kepada orang-orang yang memiliki posisi tertentu itu cenderung tidak berani mereka melakukan teguran," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Antara

GeNose akan Dipakai Deteksi Korona di Transportasi Publik

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 22:00 WIB
GeNose merupakan alat pendeteksi covid-19 buatan Indonesia, yang diinisiasi oleh tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada...
Ist

480 Paket Bubur Bayi untuk Korban Gempa Sulbar

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 24 Januari 2021, 21:12 WIB
Sebanyak 480 paket bubur bayi disalurkan untuk korban gempa bumi di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), sejak Selasa...
MI/ Bary Fathahilah

Pemaksaan Siswi Berjilbab Akumulasi Pembiaran Kebijakan Intoleran

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 24 Januari 2021, 21:10 WIB
Pasalnya, kasus intoleransi di sekolah yang dilakukan secara terstruktur bukanlah kasus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya