Sabtu 05 September 2020, 19:30 WIB

Disiplin Protokol Kesehatan Harus Jadi Gerakan Utama Masyarakat

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Disiplin Protokol Kesehatan Harus Jadi Gerakan Utama Masyarakat

Antara
Ilustrasi

 

KEDISIPLINAN menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi saat ini dipandang perlu menjadi nilai keutamaan dalam masyarakat.

Disiplin protokol kesehatan perlu tumbuh menjadi gerakan bersama yang muncul dari kesadaran masyarakat.

Hal itu disampaikan Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo (Romo Benny) menanggapi Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

"Keutamaan displin sebenarnya bagian dari tangung jawab setiap insan untuk menjaga nilai kehidupan. Disiplin menjaga protokol kesehatan berarti kita bertanggung jawab menyelamatkan jiwa manusia dan perekonomian bangsa. Kesadaran ini harus menjadi kesadaran bersama untuk mengatasi covid-19," ucap Benny melalui keterangannya, Sabtu (5/9).

Awal Agustus lalu, Presiden Joko Widodo meneken Inpres Nomor 6 Tahun 2020. Penerbitan inpres itu untuk menjamin kepastian hukum serta memperkuat upaya pencegahan dan pengendalian pandemi.

Menurut Benny, penerbitan inpres yang telah berlaku satu bulan itu merupakan langkah tepat. Namun, dalam implementasinya diperlukan partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk menerapkan budaya disiplin.

"Inpres akan efektif setiap warga negara menjalankan keutamaan displin dalam menggunakan masker. Gerakan cuci tangan, jaga jarak demi keselamatan bersama ini menjadi kesadaran publik dibutuhkan kebersamaan untuk saling mengingatkan dan menjaga komitmen bersama," kata Benny.

Benny juga menyebut sisi pendisiplinan diharapkan lebih dikedepankan ketimbang pendekatan hukuman agar di masyarakat bisa terbangun kesadaran bersama.

"Pendisiplinan bisa jadi menjadi istilah pengganti untuk hukuman ataupun instrumen hukuman karena yang dibutuhkan sekarang adalah ketaatan menjalankan pola atau gaya hidup yang mengedepankan keselamatan jiwa manusia,"  pungkas Benny. (OL-8).

 

Baca Juga

ANTARA

Nadiem Tepis Hapus Mapel Sejarah

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 21 September 2020, 02:10 WIB
KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan tidak akan melakukan penyederhanaan kurikulum sampai...
Dok UI

Dianggap Fitnah UI, Politikus PKS Diminta Mundur dari DPR

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 20 September 2020, 21:50 WIB
Desakan ini berdasarkan surat resmi dari 12 perwakilan pengajar UI yang disampaikan kepada Rektor UI Ari...
Antara

Hujan Lebat dan Angin Kencang, BMKG Peringatkan Daerah

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 20 September 2020, 21:45 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas lebat disertai kilat dan angin kencang masih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya