Minggu 22 November 2020, 05:08 WIB

Jokowi Ajak G-20 Kerahkan Pendanaan Vaksin Covid-19

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Jokowi Ajak G-20 Kerahkan Pendanaan Vaksin Covid-19

Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis
Presiden Joko Widodo di KTT Virtual G-20

 

PRESIDEN Joko Widodo mendorong negara-negara G-20 agar bisa menjamin ketersediaan vaksin covid-19 bagi semua negara di dunia. Presiden Jokowi menegaskan pentingnya pendanaan G-20 untuk vaksin sebagai salah satu jalan keluar meredam pandemi.

"Dunia tidak akan sehat kecuali semua negara sudah sehat. Vaksin adalah salah satu amunisinya," kata Jokowi dalam pidatonya pada forum KTT G-20 yang digelar secara virtual, Sabtu (21/11) malam.

Presiden menekankan akses terhadap vaksin covid-19 harus bisa tersedia bagi seluruh negara tanpa terkecuali. Komitmen politik negara-negara G-20 sangat dibutuhkan untuk memobilisasi pendanaan global bagi pemulihan kesehatan tersebut.

Baca juga : Di KTT G-20, Jokowi Ingatkan Vaksin Covid-19 Harus untuk Semua

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan dunia saat ini tengah melihat dan menanti pertemuan para pemimpin G-20. Kepemimpinan negara-negara G-20 sangat diharapkan untuk membawa dunia keluar dari krisis kesehatan akibat pandemi dan keterpurukan ekonomi.

Pertemuan G-20 tahun ini bertajuk Realizing Opportunities of the 21st Century for All. KTT digelar selama dua hari yakni 21-22 November 2020. Arab Saudi menjadi ketua dalam penyelenggarannya, dipimpin langsung Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud.

Tema yang dibahas dalam KTT hari pertama yakni mengenai upaya mengatasi pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi serta penciptaan lapangan pekerjaan. Di hari kedua, dibahas mengenai upaya membangun masa depan yang inklusif, berkelanjutan, dan berketahanan. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Nyoman Hendra

Oktober, Kunjungan Wisman ke RI Hanya 158 Ribu Orang

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:57 WIB
BPS melaporkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia masih landai. Kondisi itu dipengaruhi pandemi covid-19 dan kebijakan...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

Kemendikbud: Pembelajaran Tatap Muka 2021 Bagi Sekolah yang Siap

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:30 WIB
 Pembelajaran tatap muka bukan diwajibkan namun dimungkinkan dengan memenuhi seluruh syarat yang ditetapkan dalam SKB 4...
Istimewa

PFN Gelar VVF 2020 Picu Kreatifitas Perempuan saat Pandemi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:05 WIB
PERUSAHAAN Umum Produksi Film Negara kembali menggelar Vital Voices Festival 2020 bertema Percepatan Pemulihan Ekonomi Bersama...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya