Rabu 18 November 2020, 22:33 WIB

Menparekraf Nilai Pekerja Migran Bisa Jadi Duta Pariwisata

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Menparekraf Nilai Pekerja Migran Bisa Jadi Duta Pariwisata

Antara/Mahdi Setiawan
Kawasan Wisata Bukit Tirai Embun Kerinci di Jambi

 

MENTERi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio berpendapat, pekerja migran Indonesia (PMI) bisa diangkat sebagai duta pariwisata, agar dapat mengembangkan potensi wisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Dia menuturkan, duta pariwisata atau tourism ambassador merupakan sosok yang diharapkan menjadi terdepan di sebuah wilayah dalam memperkenalkan kehidupan seni, budaya dan pariwisata daerah.

“Kami menilai para pekerja migran Indonesia berpotensi besar untuk dijadikan sebagai duta pariwisata. Tidak hanya menjadi duta bela negara saja, tetapi pekerja migran Indonesia kami harapkan mampu untuk lebih mengenalkan Indonesia pada dunia," ungkap Wishnutama dalam keterangan pers dikutip dari laman Kemenparekraf, Rabu (18/11).

Untuk mendorong upaya tersebut, Kemenparekraf dan BP2MI melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) hari ini. Kerja sama itu juga dalam rangka memperingati Hari Pekerja Migran Internasional Tahun 2020 yang jatuh pada 18 Desember.

Penandatanganan nota kesepahaman ini, kata Wishnutama, diharapkan bisa menjadi momentum untuk menyelaraskan pengambilan kebijakan demi menghasilkan program yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Baca juga : Jemaah Umrah Terpapar Covid-19 akibat PPIU Abaikan Karantina

"Selain itu, MoU ini diharapkan dapat memperkokoh kerja sama dan kolaborasi antara Kemenparekraf dan BP2MI dalam upaya peningkatan dan pengembangan peran pekerja migran Indonesia dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Wishnutama.

Sementara itu, Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Benny Ramdhani mengatakan, kerja sama yang dilakukan dengan Kemenparekraf, akan memberikan gelar istimewa kepada para pekerja migran Indonesia sebagai duta pariwisata. Hal ini dilakukan untuk memasarkan dan mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

"Kami berharap para pekerja migran bisa dibekali wawasan terkait pariwisata Indonesia yang dapat dikenalkan kepada para pemberi kerja,” tutur Benny

Dia juga menyebut, menurut data World Bank terdapat 9 juta pekerja migran Indonesia termasuk di dalamnya para pekerja yang diberangkatkan secara non-prosedural. Hal itu dianggapnya, berpotensi mendatangkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia bakal lebih banyak lewat peran PMI. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Waspada Omikron, Satgas Ingatkan Kelompok Rentan Kurangi Interaksi

👤Ant 🕔Kamis 20 Januari 2022, 23:35 WIB
Menurut Kemenkes, hingga Kamis pagi total ada 882 kasus infeksi varian omikron di...
Dok. Okwifood

Kolaborasi dengan BRIN, Okwi Food SIap Bawa Cita Rasa Kuliner Indonesia Mendunia 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 23:33 WIB
Okwi Food yang dibesut oleh anak-anak muda Lampung, optimistis mampu mengambil peran sebagai pihak pengembang kuliner usaha mikro kecil...
Antara/Mohammad Hamzah

Anggaran Berkurang, Menko PMK Tegaskan Tetap Maksimal Tangani Masalah Stunting 

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:53 WIB
“Presiden telah mendelegasikan wewenang sepenuhnya kepada BKKBN, jadi saat ini lebih pada peningkatan performa, bujet akan kita...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya