Rabu 12 Agustus 2020, 18:53 WIB

Kura-Kura Leher Ular di Rote Ndao Punah

Palce Amalo | Humaniora
Kura-Kura Leher Ular di Rote Ndao Punah

MI/MOHAMAD IRFAN
Kura-kura leher ular rote (Chelodina mccordi)

 

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nusa Tenggara Timur (NTT) merilis kabar kura-kura leher ular (Chelodina mccordi) sudah punah di habitatnya.

Habitat kura-kura itu terdapat di sejumlah danau di Kabupaten Rote Ndao, antara lain Danau Peto di Desa Maubesi, Kecamatan Rote Tengah.
"Kura-kura leher ular di Rote Ndao itu habitatnya sudah habis," ujar Kepala BBKSDA Timbul Batubara kepada wartawan, Rabu (12/8).

Namun spesies tersebut ternyata masih ada di sejumlah kebun binatang di luar negeri, yang akibat diperdagangan sekitar 1980-an. Saat ini sekitar 26 kura-kura endemik Rote tersebut dikembangbiakan di Singapura yang sesuai rencana akan dipulangkan ke Indonesia.

Pengembangbiakan kura-kura leher ular di negara tersebut merupakan bagian dari dukungan terhadap program reintroduksi agar spesies langka tersebut tidak punah. "Kami akan berupaya memmulangkan beberapa ekor kura-kura leher ular dari Singapura," ujarnya. Pada 2009, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melepasliarkan 40 ekor kura-kura ke Danau Peto, kura- endemik Rote, namun saat ini kura-kura itu tidak ditemukan lagi. (OL-12)

Baca Juga

Antara

Petani Dukung Rencana Pemerintah Audit Seluruh Perusahaan Sawit

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 27 Mei 2022, 14:38 WIB
Menurut serikat petani, audit sangat diperlukan untuk membenahi industri sawit. Pemerintah pun diminta serius dan menjangkau seluruh...
Ist

Semarak Surabaya 729 Tahun, The Alana Surabaya Ajak Tamu Cicipi Kuliner

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 14:32 WIB
Selain untuk memeriahkan ulang tahun Kota Surabaya, program ini diadakan untuk memfasilitasi para tamu The Alana Surabaya yang datang...
DOK/HUMAS UPI

UPI Bandung Loloskan 20 Mahasiswa pada Program IISMA ke 11 Negara

👤Naviandri 🕔Jumat 27 Mei 2022, 14:20 WIB
Ke 20 mahasiswa UPI tersebut akan mengikuti perkuliahan di 19 universitas di 11 negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya