Jumat 06 Juli 2018, 12:20 WIB

142 Kabupaten Belum Tereliminasi Penyakit Kusta

Indriyani Astuti | Humaniora
142 Kabupaten Belum Tereliminasi Penyakit Kusta
 

PENEMUAN kasus kusta masih dijumpai di beberapa daerah meskipun Indonesia pernah mencapai eliminasi kusta pada 2000 lalu. 

Berdasarkan laporan kondisi kesehatan di Indonesia untuk semester satu 2018, data Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, masih ada 142 kabupaten/kota yang belum eliminasi kusta. 

Stigma, menjadi salah satu penyebab sulitnya antisipasi dini dan pengobatan penyakit ini dilakukan.

"Sebenarnya tidak di satu kabupaten, tetapi ada desa-desa di kabupaten tersebut dengan kasus kusta sehingga disebut endemis," ujar Direktur Jenderal P2P Anung Sugihantono seusai acara Car Free Day di Kantor Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan, Jalan Percetakan Negara, Jakarta, Jumat (6/7).

Ia merinci penemuan kasus kusta banyak terjadi di Indonesia bagian Timur seperti di Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, dan Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Kalimantan Utara, Papua, dan Papua Barat. Adapun kasus jumlah kasus baru sekitar 15.910 dengan prevalensi 0,696/10.000 penduduk.

Kusta, tutur Anung, dapat mengakibatkan kecatatan. Demi menurunkan angka cacat tingkat 2 dan mengurangi proporsi kusta baru tanpa cacat, pihaknya ingin respon dini dan kewaspadaan terhadap penyakit tersebut ditingkatkan salah satunya melalui sosialisasi dan advokasum intensifikasi penemuan kasus baru, peningkatan intergrasi dengan pemerintah daerah dan mengupayakan supaya kusta tetap menjadi prioritas nasional. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Indrianto Eko S

Vaksinasi, TNI-Polri Sasar Masyarakat Pesisir

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 24 Juni 2021, 11:08 WIB
Vaksinasi ini menargetkan 2.000 orang untuk pegawai dan pendukung pelabuhan berikut keluarga dan masyarakat di sekitar...
 ANTARA / Harviyan Perdana Putra

BPPT Lock, Inovasi Hadapi Masalah Pesisir Pantai Indonesia

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 24 Juni 2021, 11:05 WIB
Tantangan saat ini adalah kebutuhan-kebutuhan dalam mengamankan daerah yang mengalami potensi bencana dengan memanfaatkan...
ANTARA/ Nova Wahyudi

TMC Sumsel dan Jambi Efektif Tingkatkan Curah Hujan

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 24 Juni 2021, 10:30 WIB
Selama periode 10 hingga 23 Juni 2021 telah diturunkan sebanyak 15 sorti penerbangan dengan jumlah bahan semai sebanyak 12 ton...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya