Jumat 06 Juli 2018, 12:20 WIB

142 Kabupaten Belum Tereliminasi Penyakit Kusta

Indriyani Astuti | Humaniora
142 Kabupaten Belum Tereliminasi Penyakit Kusta
 

PENEMUAN kasus kusta masih dijumpai di beberapa daerah meskipun Indonesia pernah mencapai eliminasi kusta pada 2000 lalu. 

Berdasarkan laporan kondisi kesehatan di Indonesia untuk semester satu 2018, data Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, masih ada 142 kabupaten/kota yang belum eliminasi kusta. 

Stigma, menjadi salah satu penyebab sulitnya antisipasi dini dan pengobatan penyakit ini dilakukan.

"Sebenarnya tidak di satu kabupaten, tetapi ada desa-desa di kabupaten tersebut dengan kasus kusta sehingga disebut endemis," ujar Direktur Jenderal P2P Anung Sugihantono seusai acara Car Free Day di Kantor Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan, Jalan Percetakan Negara, Jakarta, Jumat (6/7).

Ia merinci penemuan kasus kusta banyak terjadi di Indonesia bagian Timur seperti di Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, dan Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Kalimantan Utara, Papua, dan Papua Barat. Adapun kasus jumlah kasus baru sekitar 15.910 dengan prevalensi 0,696/10.000 penduduk.

Kusta, tutur Anung, dapat mengakibatkan kecatatan. Demi menurunkan angka cacat tingkat 2 dan mengurangi proporsi kusta baru tanpa cacat, pihaknya ingin respon dini dan kewaspadaan terhadap penyakit tersebut ditingkatkan salah satunya melalui sosialisasi dan advokasum intensifikasi penemuan kasus baru, peningkatan intergrasi dengan pemerintah daerah dan mengupayakan supaya kusta tetap menjadi prioritas nasional. (OL-3)

Baca Juga

Shutterstock

Ini Inspirasi Memilih Warna Cat Tembok Sesuai Dengan Rekomendasi Interior Tema Rumah

👤Febby Saraswati 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 12:00 WIB
Memilih warna cat tembok yang pas dengan tema apa yang kita inginkan akan membuat kita terasa lebih nyaman dan betah saat berada...
Dok KLHK

Program Kampung Iklim Berkontribusi Besar Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 11:54 WIB
Hasil penghitungan pengurangan emisi gas rumah kaca di 312 lokasi proklim yang diverifikasi pada 2021 ini dengan menggunakan aplikasi...
Dok. BPKH

DPR Awasi Ketat Urusan Perhajian, Indeks Kepuasan Jamaah Terus Meningkat

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 10:40 WIB
Dari pengawasan itu pula dapat dipastikan bahwa tidak terdapat penggunaan dana haji untuk membiayai proyek infrastruktur...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya