Senin 24 April 2017, 07:04 WIB

Kenali Stadium Kanker dan Penyebarannya

Torie Natalova | Humaniora
Kenali Stadium Kanker dan Penyebarannya

thinkstock

 

TAHAPAN kanker menggambarkan sejauh mana penyebarannya saat pertama kali didiagnosis. Ini merupakan salah satu kunci untuk menentukan pilihan pengobatan terbaik. Informasi dari tes digunakan untuk menentukan ukuran tumor, seberapa dalam tumor telah menyerang jaringan di dalam dan sekitar serviks serta penyebarannya ke tempat yang jauh (metastasis).

Sistem tahapan FIGO (International Federation of Gynecology and Obstetrics) paling sering digunakan untuk kanker pada organ reproduksi wanita, termasuk kanker serviks. Tahapan atau stadium kanker didasarkan pada hasil pemeriksaan fisik dokter dan beberapa tes lain tidak hanya berdasarkan pada apa yang ditemukan selama operasi.

Saat operasi selesai dilakukan, kemungkinan kanker telah menyebar lebih dari apa yang dipikirkan dokter sebelumnya.

Setiap jenis kanker memiliki empat stadium atau tahapan, termasuk kanker serviks. Dan berikut ini adalah lima stadium kanker disertai perkiraan sejauh mana kanker sudah menyebar.

1. Stadium 0.
Pada tahap ini, sel kanker hanya ada di sel-sel di permukaan serviks (lapisan sel yang melapisi leher rahim), tanpa tumbuh menjadi atau menyerang jaringan serviks lebih dalam. Tahap ini juga disebut carcinoma in situ (CIS) yang merupakan bagian dari serviks intraepithelial neoplasia grade 3 (CIN3).

2. Stadium 1.
Pada tahap ini, kanker telah tumbuh menjadi atau menyerang serviks namun tidak tumbuh di luar rahim. Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau tempat yang jauh. Pada stadium 1a, ini adalah bentuk awal dari tahap 1. Ada jumlah kanker yang sangat kecil dan kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat.

Sementara pada stadium 1b, ini termasuk kanker stadium 1 yang dapat dilihat tanpa mikroskop. Tetapi, ketika kanker menyebar lebih dalam ke jaringan ikat leher rahim, maka hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Sama seperti 1a, kanker ini belum menyebar ke kelenjar getah bening.

2. Stadium 2.
Pada tahap ini, kanker telah tumbuh di luar serviks dan rahim namun belum menyebar ke dinding panggul atau bagian bawah vagina. Kanker juga belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau tempat yang jauh. Pada stadium 2a, kanker belum menyebar ke jaringan sebelah serviks. Tetapi, kemungkinan telah tumbuh ke bagian atas vagina.

3. Stadium 3.
Saat ini, kanker telah menyebar ke bagian bawah vagina atau dinding panggul dan mungkin menghalangi ureter (tabung yang membawa air kencing dari ginjal ke kandung kemih). Namun, kanker di tahap ini belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau yang lebih jauh.

Pada stadium 3a, kanker telah menyebar ke sepertiga bagian bawah vagina tapi tidak sampai ke dinding panggul. Kemudian pada stadium 3b, kanker telah tumbuh ke dinding panggul dan/atau telah memblokir salah satu atau kedua ureter yang menyebabkan masalah ginjal.

Saat ini, kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di panggul tapi tidak ke tempat yang jauh. Tumor memiliki ukuran yang bermacam-macam dan dapat menyebar ke bagian terbawah dari vagina atau dinding panggul.

4. Stadium 4.
Ini adalah tahap paling lanjut dari kanker serviks. Kanker telah menyebar ke organ terdekat atau bagian tubuh lainnya. Pada stadium 4a, kanker telah menyebar ke kandung kemih atau rektum yang merupakan organ terdekat dengan serviks. Pada stadium 4b, kanker telah menyebar ke organ jauh di luar daerah panggul seperti paru-paru atau hati. (MTVN/OL-2)

Baca Juga

Ist

Chevron Merestorasi Mangrove di Riau dan Muara Angke Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 06:35 WIB
Bekerja sama dengan YKAN, Chevron merestorasi 200 ribu hektare kawasan mangrove di Riau dan 25 hektare di Suaka Margasatwa Muara Angke...
MI/ADAM DWI

Presiden ACT Bantah Paksa Ahyudin Tanda Tangani Surat Pengunduran Diri

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 05 Juli 2022, 06:23 WIB
Menurut Ahyudin, mereka memaksa dirinya untuk menandatangani surat pengunduran diri saat itu juga. Bahkan ia menyebut rombongan itu menolak...
DOK TANOTO FOUNDATION

Tanoto Foundation Dorong Peningkatan Kompetensi Guru di Provinsi Riau

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 05 Juli 2022, 05:00 WIB
Program tersebut merupakan bentuk dukungan dan keterlibatan Tanoto Foundation dalam Program Organisasi Penggerak (POP) yang diluncurkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya