Rabu 04 Januari 2023, 13:25 WIB

Apindo Desak Pemerintah Segera Kendalikan Inflasi

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Apindo Desak Pemerintah Segera Kendalikan Inflasi

Antara
Aktifitas pedagang melayani pembeli di Pasar Tradisional Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Senin (02/01).

 

WAKIL Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan bahwa pemerintah punya tugas yang berat untuk dapat mengendalikan inflasi di tahun ini. Pasalnya, potensi inflasi tinggi dikatakan masih sangat besar di sepanjang 2023, khususnya di semester I 2023.

Menurutnya, pemerintah perlu menciptakan stabilitas ekonomi makro seperti kecukupan cadangan devisa, kesehatan sovereign debt dan menekan pelemahan nilai tukar rupiah.

"Di sisi pasar domestik pemerintah perlu menekan potensi penurunan daya beli, menstimulasi investasi, menjaga kesehatan aktivitas sektor perbankan dan sektor riil, khususnya UMKM," ungkapnya kepada Media Indonesia, Rabu (4/1).

Lebih lanjut, Shinta menambahkan bahwa pemerintah juga perlu menjaga keseimbangan supply-demand pasar domestik dan memastikan distribusi produk kebutuhan masyarakat tersedia secara merata, tidak ada kelangkaan dan efisien untuk menekan inflasi riil di masyarakat.

Dari sisi eksternal, dia menegaskan tidak banyak yang bisa Indonesia lakukan terkait inflasi yang disebabkan oleh demand dan ketergantungan terhadap impor migas.

"Namun, pemerintah bisa mengupayakan pengendalian inflasi secara tidak langsung dengan mengupayakan peningkatan kinerja ekspor dan memaksimalkan arus inbound FDI (foreign direct investment), khususnya di sektor energi terbarukan dan hulu pangan untuk menekan beban impor dan potensi importasi inflasi dari negara lain," pungkas Shinta. (E-3)

Baca Juga

Dok Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia Bidik 1.000 Kios untuk Pasarkan Pupuk Non Subsidi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 13:10 WIB
Pupuk Indonesia membidik 1.000 kios komersil, yang memasarkan pupuk non subsidi dan produk-produk Pupuk Indonesia lainnya, untuk beroperasi...
Ist

Lima Cara Meriset Produk Unggulan untuk Tingkatkan Omzet Penjualan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:24 WIB
Riset produk dapat menjadi cara untuk melihat perkembangan kompetitor sehingga Anda dapat mengembangkan produk dan layanan dengan lebih...
MI/Henri

Swiss Tertarik Kerja Sama Bangun IKN

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:09 WIB
DUTA Besar Swiss untuk Indonesia Olivier Zehnder menyatakan ketertarikan negaranya untuk kerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya