Sabtu 12 November 2022, 09:10 WIB

Jokowi: Ekonomi Hijau Kunci Masa Depan ASEAN

Indriyani Astuti | Ekonomi
Jokowi: Ekonomi Hijau Kunci Masa Depan ASEAN

Antara
Ilustrasi

 

Presiden Joko Widodo mengatakan kerja sama ekonomi antara ASEAN dan Republik Korea (RoK) dapat diarahkan untuk membangun ekonomi hijau yang di kawasan. Demikian disampaikan Presiden Jokowi saat berbicara pada KTT ASEAN - RoK ke-23 di Hotel Sokha, Phnom Penh, Jumat, (11/11).

Menurut Jokowi Republik Korea punya pengalaman dalam pengembangan teknologi hijau dan bersih. Itu, ujarnya, menjadi peluang bagi negara-negara ASEAN menjalin kemitraan.

"Terutama dalam energi terbarukan, pembangunan smart city, ekosistem mobil listrik, serta sistem penyediaan air bersih,” ucap Presiden Jokowi dalam KTT yang dihadiri pemimpin ASEAN dan Presiden Republik Korea Yoon Seok-yeol.

Menurut Presiden pembangunan hijau dan berkelanjutan menjadi kunci masa depan ASEAN. Pada tahun 2025, ASEAN menargetkan 23% energi terbarukan dan 20% kendaraan berbahan bakar listrik. “ASEAN juga berkomitmen mengembangkan smart cities dan kota yang berkelanjutan,” ungkap Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menggunakan kesempatannya untuk mengundang Republik Korea menjadi mitra dalam membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui investasi, maupun alih teknologi.

Selain kerja sama ekonomi hijau, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya stabilitas kawasan Indo-Pasifik. Menurut Presiden, segala bentuk perbedaan dan rivalitas harus dikelola dengan baik. “ASEAN-RoK harus dapat menjadi mesin utama perdamaian di kawasan,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengucapkan selamat datang bagi Presiden Yoon di keluarga besar ASEAN dan juga menyampaikan duka cita atas korban jiwa dan luka-luka dari peristiwa di Itaewon, Seoul yang terjadi 30 Oktober 2022. (OL-12)

 

Baca Juga

Dok.Badak LNG

Kisah Program Salin Swara, Upaya Badak LNG Kelola Sampah Berbasis Investasi Berkelanjutan

👤Mediandonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 16:15 WIB
Pendekatan investasi tersebut diharapkan menjadi stimulus untuk mengelola...
Dok. Deli Group Indonesai

Tunjuk Agmez Mo jadi Brand Ambassador, Deli Group Makin Serius Garap Pasar Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 14:37 WIB
Karakter Agnez Mo yang multitalenta, enerjik, dan go international dianggap sangat cocok dengan Deli, yang mempunyai varian produk sangat...
Dok. Istimewa

Mevol Indonesia Gandeng Pengusaha-Selebgram Jhon Lbf

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 13:24 WIB
Penandatanganan itu dihadiri langsung oleh Direktur Armindo Riani Hadinata, General Manager Accessories Armindo Mariono...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya