Jumat 04 November 2022, 18:46 WIB

2023, Pelni Usulkan 38 Trayek Tol Laut

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
2023, Pelni Usulkan 38 Trayek Tol Laut

DOK Pelni.
Petugas menggunakan crane untuk muatan peti kemas ke kapal tol laut KM Logistik Nusantara 4 milik PT Pelni di Pelabuhan Patimban, Jabar.

 

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mengusulkan ada 38 trayek tol laut di tahun depan. Jumlah tersebut bertambah dari tahun ini yang terdapat 33 trayek.

Dari jumlah 33 trayek tersebut, 11 trayek tol laut dioperasikan oleh Pelni, lima trayek dikelol Djakarta Lloyd, ASDP mengoperasikan lima trayek, dan 12 trayek dikelola swasta. "Di tahun ini, kami mengusulkan trayek yang sebelumnya diberikan semua operator ada 33. Tahun depan ada 38," kata Vice President Usaha Barang Nonkomersial PT Pelni Ridwan Mandaliko di Lewoleba, Nusa Tenggara Timur, Jumat (4/11).

Meski belum diketahui lokasi daerah untuk usulan penambahan trayek untuk tol laut tersebut, Ridwan berharap penambahan lima trayek tersebut dioperasikan seluruhnya oleh Pelni. Usulan penambahan trayek berasal dari pemerintah daerah atau DPRD yang akan disetujui oleh Kemenhub. Pelni sendiri menjadi operator tol laut.

"Kalau tol laut itu bukan Kemenhub yan menentukan secara de facto, tetapi nanti permintaan daerah atau DPRD. Contohnya, Fak-Fak yang sebelumya tidak ada tol laut, karena butuh, akhirnya diberikan," jelasnya.

Usulan untuk menjadi trayek tol laut pun melihat dari sisi kesiapan infrastruktur pelabuhan di wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP). Jika tidak memadai, hal itu tidak diberi izin beroperasi.

Pihaknya juga berencana menambah kontainer hingga 1.400 unit di tahun depan. Saat ini ada 1.360 dry kontainer yang dimiliki Pelni untuk kapal tol laut dan kapal penumpang.

"Tiap trayek tol laut punya potensi muatan yang besar karena rata-rata muatan itu memang meningkatkan potensi barang daerah. Kami juga tengah meminta tambahan kontainer ke Kemenhub," pungkasnya.

Selain itu, Pelni berencana mengoptimalkan pola hub dan spoke dalam Program Tol Laut untuk memaksimalkan distribusi barang dari titik hub atau awal pelabuhan ke pelabuhan transit di 3TP. Hub dan spoke merupakan jaringan simpul pelabuhan yang mampu menjadi alternatif jalur logistik melalui laut. Perusahaan pelat merah itu mengusulkan delapan trayek pelabuhan hub, di antaranya di Padang, Tanjung Pinang, Makassar, Bitung, Kupang, hingga Sorong. (OL-14)

Baca Juga

Dok.Ist

Jasa Interior Ini Banjir Pesanan Sejak  Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 23:30 WIB
Hal lain yang membuat CG Interior lebih unggul adalah manufaktur dari mebel dan perabotan yang dilakukan sendiri di pabrik...
Ist

Ahli Waris Pegawai Lion Group Dapat Santunan JKK Sebesar Rp 448 Juta

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 23:11 WIB
Santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) BPJS Ketenagakerjaaan diterima ahli waris dari karyawan Lion Group yakni istrinya Megawati...
DOK MI

Masyarakat Koperasi Tolak OJK Jadi Pengawas Koperasi

👤Widhoroso 🕔Rabu 30 November 2022, 22:33 WIB
Para penggiat koperasi menolak wacana pengawasan koperasi simpan pinjam dilakukan Otoritas Jasa Keuangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya