Senin 26 September 2022, 16:15 WIB

Kawasan Industri Kendal Bangun Clustering Fasilitas Gas

Haryanto | Ekonomi
Kawasan Industri Kendal Bangun Clustering Fasilitas Gas

MI/Haryanto
PT Pertagas Niaga (PTGN) dan Kawasan Industri Kendal (KIK) menandatangani perjanjian kerjasama penyediaan gas bumi melalui clustering CNG, S

 

LANGKAH mendukung kemajuan industri di Jawa Tengah dengan  menjamin suplai energi bersih terus dipacu oleh Subholding Gas Pertamina maupun pengelola Kawasan Industri. Senin (26/09), Subholding Gas Pertamina melalui afiliasinya PT Pertagas Niaga (PTGN) dan Kawasan Industri Kendal (KIK) menandatangani perjanjian kerja sama penyediaan gas bumi melalui clustering pipa Compressed Natural Gas (CNG) dan pemanfaatan fasilitas di KIK.

Penandatanganan dilakukan di Kawasan Industri Kendal oleh President Director PT Pertagas Niaga, Aminuddin,  Presiden Direktur KIK, Stanley Ang dan Direktur KIK, Didik Purbadi.

Melalui kerjasama ini, PTGN akan mensuplai CNG melalui metode clustering pipa untuk melayani pabrik industri di KIK. Metode ini membuat penyaluran gas ke konsumen industri menjadi lebih terjamin dan aman dalam kehandalan suplai. Hal ini juga mendukung industri mendapatkan energi gas sebagai energi bersih yang lebih ramah lingkungan. Total volume CNG yang akan dipasok oleh PTGN sebesar 250 MMBTUD dan meningkat menjadi 500 MMBTUD pada 2023.

"Dengan pembangunan fasilitas ini, kami menargetkan suplai gas CNG clustering untuk KIK akan dilaksanakan pada Desember 2022. Suplai CNG ini akan kami pasok dari Mother Station (MS) PTGN yang berada di Blora Jawa Tengah," kata Aminuddin.

Sebagai salah satu Kawasan Industri besar di Jawa Tengah, kerjasama ini juga disambut antusias oleh KIK. "Dengan kerjasama ini, kami berharap pelaku industri di KIK dapat memanfaatkan energi bersih yang terjaga akan ketersediaan volume supplainya. Ini menjadi kunci penting bagi industri dalam kelancaran operasional pabrik mereka. Kami juga berharap pembangunan CNG Cluster ini berjalan lancar dan beroperasi tepat waktu," jelas Stanley.

KIK juga menyampaikan terimakasih Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, serta Pemerintah Kabupaten Kendal atas dukungannya selama ini.

Proyek CNG clustering ini sekaligus sebagai transisi pemenuhan kebutuhan gas alam sebelum wilayah KIK teraliri gas langsung melalui pipa transmisi. PTGN selama ini telah berhasil menyuplai CNG untuk kebutuhan industri di berbagai wilayah yaitu Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Jawa dan Bali dengan total 500.000 MMBTU/bulan. Untuk memenuhi kebutuhan industri di Jawa Tengah, PTGN saat ini mensuplai gas dari Mother Station CNG yang berada di Blora maupun dari Jawa Timur. (OL-13)

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Banyak Orang Kaya Nikmati Subsidi BBM

 

Baca Juga

MI/Moat Angga

Sah, Pengawasan Koperasi Simpan Pinjam Tidak Dibawah OJK

👤Mediandonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 00:09 WIB
Kemenkop akan mengajukan RUU Koperasi yang salah satu poinnya adalah pembentukan Otoritas Pengawas...
Antara

Pemerintah Siapkan Program B35 untuk Tangkal Krisis Energi

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:54 WIB
Airlangga menyebut cara tersebut bisa mengurangi jumlah impor minyak mentah untuk penyediaan bahan bakar minyak jenis...
Ilustrasi

2.109 Debitur Ikut Program Keringanan Utang Pemerintah

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:48 WIB
Kriteria untuk bisa mengikuti program keringanan utang tersebut yakni apabila kepengurusan piutangnya telah diserahkan kepada Panitia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya