Rabu 21 September 2022, 11:16 WIB

KKP Bersama ASEAN Perkuat Pengawasan Produk Pangan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
KKP Bersama ASEAN Perkuat Pengawasan Produk Pangan

Antara
Ilustrasi

 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama perwakilan negara-negara ASEAN berkolaborasi memperkuat pengawasan dan pengujian produk pangan.

KKP melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) belum lama ini berpartisipasi dalam Sidang ASEAN Food Testing Laboratory Committee (AFTLC) ke-21 beberapa waktu lalu. "Isu keamanan pangan merupakan isu global, jadi kita berkolaborasi dengan negara regional ASEAN untuk memperkuat pengawasan dan pengujian," kata Kepala Pusat Standardisasi Sistem dan Kepatuhan BKIPM Teguh Samudro dalam keterangannya, Rabu (21/9).

Teguh mengatakan, sidang AFTLC ke-21 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari ASEAN Consultative Committee for Standards and Quality of Prepared Foodstuff Product Working Grup. AFTLC dibentuk untuk memonitor dan mengkoordinasikan kegiatan pengujian mutu pangan di ASEAN lewat kerja sama antar laboratorium pangan di negara anggota ASEAN.

Jaminan mutu pangan ini dianggap penting sebagai upaya meningkatkan kepercayaan pasar dunia terhadap produk perikanan Indonesia. "Kita tentu mendukung dan terlibat aktif terkait keamanan pangan, karena ini selain mendatangkan devisa ketika diekspor juga untuk menjaga nama baik bangsa," tambahnya.

Dikatakannya, tiap negara terkadang memiliki ukuran sendiri dalam pengujian pangan. Karenanya, penting untuk menyamakan persepsi atau saling memahami regulasi dan ukuran masing-masing negara agar tidak terjadi penolakan produk yang diekspor. "Pentingnya forum seperti ini kita jadi saling mengerti pengujian di masing-masing negara," urai Teguh. (OL-12)

Baca Juga

Ist

Perhutani Group Ekspor Produk Industri Kayu ke Lima Benua

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 11:11 WIB
Perhutani melalui anak perusahaannya Inhutani I mampu memasarkan produk industri kayu ke lima benua dengan negara tujuan USA, Belgia,...
dok.ant

Lelang Tujuh Surat Utang, Pemerintah Dapat Rp10 Triliun

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 28 September 2022, 11:10 WIB
PEMERINTAH Indonsia mengumpulkan dana sebesar Rp10,74 triliun dari hasil pelelangan tujuh Surat Utang Negara (SUN) pada Selasa...
Ist/Kementan

Mentan SYL Pimpin Sidang Pertemuan Menteri Pertanian Negara G20

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 10:33 WIB
Mentan SYL menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap para delegasi yang telah hadir dan mengikuti kegiatan AMM G20...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya