Selasa 20 September 2022, 13:40 WIB

Presiden: Tujuan Pembangunan Infrastruktur untuk Tingkatkan Daya Saing

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden: Tujuan Pembangunan Infrastruktur untuk Tingkatkan Daya Saing

ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres/Handout
Presiden Joko Widodo

 

Presiden Joko Widodo mengatakan produk-produk dalam negeri tidak akan mampu berkompetisi di level global tanpa adanya infrastruktur.

Jalan tol, pelabuhan, bandara, kawasan industri dan semua fasilitas pendukung lain adalah kunci untuk membuat barang-barang lokal bisa memiliki daya saing.

Dengan adanya jalan tol, mobilitas barang menjadi lebih cepat, pelaku usaha akan mampu melakukan efisiensi baik dari segi waktu dan biaya. Itu akhirnya akan menekan biaya produksi yang akhirnya membuat harga barang menjadi murah

"Yang kita tuju dari pembangunan infrastruktur adalah daya saing dari produk-produk yang kita miliki. Tanpa didukung infrastruktur yang baik, mustahil kita bisa bersaing dengan negara-negara lain," ujar Jokowi selepas meresmikan Tol Cibitung-Cilincing di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9).

Dengan telah beroperasinya Tol Cibitung-Cilincing, barang-barang yang berasal dari kawasan industri dan logistik di Bekasi dan Karawang akan bergerak jauh lebih cepat menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Begitu pula sebaliknya, komoditas yang berangkat dari pelabuhan menuju kawasan industri dan logistik juga akan lebih cepat sehingga tercipta efisiensi dan efektivitas.

"Kawasan industri yang ada di Bekasi, kawasan logistik di Karawang akan diberi fasilitas kecepatan untuk menuju ke Tanjung priok atau sebaliknya. Goalnya ke sana," sambung kepala negara. (OL-12)

Baca Juga

Antara

PLN Gandeng Jepang dan Tiongkok Kembangkan Teknologi Rendah Karbon

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 September 2022, 23:18 WIB
PT PLN (Persero) menggandeng Jepang dan Tiongkok untuk mendorong potensi energi baru terbarukan...
Ist

HUT ke-23, Erha Gelar Pameran dan Diskon Serentak di 11 Lokasi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 23:08 WIB
Inovasi teknologi perawatan kulit yang ditawarkan Erha Ultimate sudah semakin maju bersamaan dengan kebutuhan konsumen yang...
Antara

PLN Pasok Listrik ke Pulau yang Berbatasan dengan Australia

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 September 2022, 22:41 WIB
PT PLN (Persero) menghadirkan listrik di Desa Mbueain, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Pulau Rote, Nusa Tenggara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya