Sabtu 03 September 2022, 08:45 WIB

Pertama Diujicobakan, PLN Gandeng IHI Jepang Gunakan Amonia untuk Co-firing PLTU

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pertama Diujicobakan, PLN Gandeng IHI Jepang Gunakan Amonia untuk Co-firing PLTU

Dok.PJB
MoU Pengembangan Amonia untuk co-firing PLTU

 

PT PLN (Persero) melalui anak usaha, PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) menggandeng perusahaan yang bergerak di industri alat berat asal Jepang, IHI Corporation dalam pengembangan hidrogen dan amonia sebagai bahan bakar pengganti batu bara (co-firing) untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) ini dilakukan oleh Executive Officer President of Global Marketing & Sales Headquarter IHI Corporation, Kiyoshi Nihei dan Direktur Pengembangan dan Niaga PT PJB, Iwan Purwana di Jakarta, Kamis (1/9).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan upaya ini untuk mencapai target netralitas karbon di 2060. Perusahaan pelat merah itu mendorong penggunaan co-firing di 32 PLTU dan 15 PLTU yang dalam tahap uji coba.

"Kerja sama dengan IHI memperkuat komiten PLN dalam mengedepankan energi bersih terutama penggunaan amonia," kata dia dalam keterangan resminya, Jumat (2/9).

Alasan PLN bekerjasama dengan IHI Corporation ialah karena perusahaan itu juga bergerak dalam bisnis penyediaan solusi pengurangan karbon dalam pengoperasian pembangkit listrik.

IHI Corporation sendiri telah berhasil mengembangkan ammonia co-firing sebesar 20% dan melihat potensi penerapan teknologi yang sama pada PLTU yang dikelola oleh PJB.

Direktur Pengembangan dan Niaga PT PJB Iwan Purwana menjelaskan, penggunaan amonia sebagai bahan bakar dapat mendorong tercapainya energi yang lebih hijau, hal ini dikarenakan amonia NH3 tidak mengandung unsur karbon, sehingga tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Melalui kerja sama ini, Iwan berharap akan mempercepat proses transisi energi demi Indonesia yang lebih hijau.

Melalui diskusi tingkat lanjut, PJB dan IHI sepakat akan melaksanakan uji coba penggunaan amoniaco-firing dan mono-firing pada PLTU Gresik Unit 1-2 yang berkapasitas 2x100 MW dan menjadikannya sebagai proyek percontohan.

Executive Officer President of Global Marketing & Sales Headquarter IHI Corporation Kiyoshi Nihei berharap kerja sama yang terbentuk dapat memberikan penguatan penggunaan co-firing.

“Kami menilai PJB dapat menjadi representatif Indonesia dalam mendorong dekarbonisasi dan mewujudkan lingkungan yang lebih hijau melalui co-firing," terangnya. (Ins/E-1)

Baca Juga

aNTARA

Implementasi UU PDP Perlu Dukungan Literasi Digital

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:14 WIB
Pengesahan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) merupakan langkah awal yang baik untuk memastikan perlindungan data pribadi di...
Dok.Samanea

Samanea Group Gandeng WOOK Garap Pasar E-Commerce

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:00 WIB
Samanea Group menjalin kerja sama strategis dengan WOOK (Wook Global Technology) perusahaan e-commerce terbesar asal Tiongkok di Asia...
DOK Pribadi.

Wamenaker Dorong Penempatan PMI ke Saudi di Sektor Formal

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 09:36 WIB
Penempatan PMI pada sektor formal akan menghapus anggapan bahwa pekerja Indonesia hanya andal pada sektor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya