Senin 04 Juli 2022, 23:08 WIB

Program Juragan Lele Sandiaga Uno Berhasil Dorong Warga Buka Usaha

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Program Juragan Lele Sandiaga Uno Berhasil Dorong Warga Buka Usaha

Dok. Pribadi
Menparekraf Sandiaga Uno di Warung Lele Mang Enjang, peserta program Juragan Lele Lalap

 

PROGRAM Juragan Lele dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang dijalankan oleh Rumah SandiUno Indonesia (RSI) dan Rumah Siap Kerja (RSK) telah berhasil mendorong warga membuka usaha. Salah satunya, Mang Enjang yang berhasil membuka warung makan pecak lele bakar di Danau Cavalio, Kelurahan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

“Lewat program Juragan Lele Budidaya ikan dalam ember (Budikdamber), salah satu warga Pesanggrahan berhasil menciptakan peluang usaha,” tutur Sandiaga Uno saat memanen ikan lele, di lokasi, Senin (4/7).

Sandiaga menyebut, para warga lainnya bisa mengikuti jejak Mang Enjang untuk berinovasi lewat program ini. Menurutnya, warga bisa menggunakan keahlian yang dimiliki setelah mendapat pelatihan hingga pendampingan dari program Juragan Lele Lalap.

“Kami berharap program ini bisa terus meningkatkan penghasilan warga, membantu ekonomi masyarakat, dan memberikan solusi atas naiknya biaya hidup,” tambahnya.

Baca juga : Program Juragan Lele Sandiaga Sukses Hasilkan Panen Ratusan Kilo Ikan

Sementara itu, pemilik warung makan pecak lele bakar, Enjang Sujana mengucapkan terima kasih atas program Juragan Lele Lalap yang telah diberikan. Menurutnya, proses pendampingan hingga pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat.

“Hasil panennya bagus, karena pendampingan dan pelatihan yang diberikan kompak. Berkat program sederhana ini, saya jadi punya peluang usaha usai terdampak pandemi,” kata Enjang.

Selain menggelar pelatihan dan pendampingan, Sandiaga juga memberikan bantuan alat produksi untuk warung lele bakar pecak Mang Enjang. Adapun alat produksi yang diberikan seperti panggangan hingga kompor gas.

Sebagai informasi, program Juragan Lele Lalap telah dilakukan di beberapa lokasi. Awalnya, para warga diberikan pelatihan Budikdamber, kemudian didampingi hingga panen ikan lele dan dibantu proses pemasarannya. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok Gojek

Ikuti Kemenhub, Gojek Tunda Kenaikan Tarif Ojol

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 23:54 WIB
Kenaikan antara lain, biaya jasa batas bawah sebesar Rp2.600/km, biaya jasa batas atas sebesar...
Antara

Menteri ESDM Minta PT Vale Tingkatkan Produksi Nikel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:33 WIB
PT Vale Indonesia memiliki satu fasilitas pengolahan dan pemurnian nikel di Sorowako dengan kapasitas 70.000 ton nikel...
Dok PLN

PLN Kebut Penataan Infrastruktur Kelistrikan G20 di Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:55 WIB
Saat ini progres tersebut mencapai 88,6 untuk pengamanan kelistrikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya