Rabu 20 April 2022, 12:17 WIB

Presiden: Usut Tuntas Korupsi Minyak Goreng

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden: Usut Tuntas Korupsi Minyak Goreng

Biro Setpers
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan Kejaksaan Agung untuk mengusut tuntas kasus korupsi terkait minyak goreng. Ia meminta penyelidikan tidak hanya berhenti di empat orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka saja.

"Kemarin Kejagung sudah menetapkan empat orang terkait urusan minyak goreng. Saya minta ini diusut tuntas sehingga kita bisa tahu siapa saja yang bermain, bisa ngerti," ujar Jokowi di Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/4).

Kepala negara menyebut perbuatan melanggar hukum yang terkait dengan penyaluran minyak goreng telah membuat resah masyarakat. Hingga saat ini, harga komoditas pangan utama itu masih melambung tinggi di dalam negeri.

Kebijakan penetapan harga eceran tertinggi (HET) untuk jenis curah pun diakui belum berjalan dengan efektif.

"Minyak goreng masih menjadi masalah. Meskipun masyarakat kita beri subsidi BLT, kita ingin harganya yang lebih normal. Tapi nyatanya, di pasar, saya melihat minyak curah banyak yang belum sesuai dengan HET yang kita tetapkan. Artinya, memang ada permainan," ucap mantan wali kota Solo itu.

Baca juga: Korupsi Minyak Goreng, Jaksa Agung Minta Korporasi Turut Dijerat

Selama harga di tingkat internasional masih tinggi, Jokowi melihat peluang permainan para mafia minyak goreng masih akan terus berlangsung.

"Karena harga internasional itu tinggi banget, kecenderungan produsen itu pengennya ekspor. Memang harganya tinggi sekali di luar," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Biro Setpres

Presiden Resmikan Terminal VVIP di Bandara Halim Perdanakusuma

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 16:22 WIB
Desain terminal baru VVIP di Bandara Halim Perdanakusuma mengusung kearifan lokal dengan sentuhan modern. Terminal ni juga digunakan untuk...
DOK Pribadi.

Bio Farma Jalin Kerja Sama dengan ProFactor Pharma Inggris

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 15:40 WIB
Bio Farma akan mendapat hak eksklusif untuk pengembangan bersama blood product Recombinant Factor VIII bersama ProFactor Pharma secara...
MI/Rendy Ferdiansyah

PT Timah Raih Penghargaan Subroto 2022

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 15:25 WIB
PT Timah Tbk Unit Produksi Darat Bangka (UPDB) berhasil meraih Penghargaan Subroto Tahun 2022 yang diberikan oleh Kementerian Energi dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya