Jumat 01 April 2022, 13:10 WIB

Harga Minyak Goreng Melonjak, Inflasi Maret Capai 0,66%

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Harga Minyak Goreng Melonjak, Inflasi Maret Capai 0,66%

Antara
Warga mengantre untuk membeli minyak goreng curah di Kota Temanggung, Jawa Tengah.

 

BADAN Pusat Statistik (BPS) menilai kenaikan harga minyak goreng memicu terjadinya inflasi sebesar 0,66% pada Maret 2022. Komoditas pokok itu memiliki andil sebesar 0,04%.

"Pada Maret ini, untuk minyak goreng kemasan, masih terjadi kenaikan dibandingkan Februari 2022," ujar Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers virtual, Jumat (1/4).

Sebaliknya, harga minyak goreng curah pada Maret ini mengalami penurunan dibandingkan Februari. Namun, secara umum, level harga minyak goreng mengalami kenaikan sejak Oktober 2021.

Baca juga: KPPU: Ada 8 Perusahaan yang Kuasai 70% Pasar Minyak Goreng

"Ini trennya terus meningkat harganya untuk kedua jenis minyak goreng, baik kemasan maupun curah," imbuh Margo.

BPS mencatat harga minyak goreng kemasan pada Maret sebesar Rp19.700 per liter, atau naik dibanding Februari sebesar Rp18.060 per liter. Untuk minyak goreng curah pada Maret sebesar Rp16.950 per liter, atau turun dibanding Februari, yakni Rp17.260 per liter.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa minyak goreng menyumbang inflasi pada Maret 2022, setelah mengalami deflasi pada Februari 2022 dengan minus 0,11%.

Baca juga: Cek Harga Minyak Goreng, Presiden Blusukan ke Pasar

"Di Maret ini, karena harga minyak goreng kemasan mengalami peningkatan dibandingkan Februari, andil terhadap inflasi 0,04%," paparnya.

Selain minyak goreng, cabai merah juga memicu terjadinya inflasi Maret 2022 dengan andil 0,1%. Hal ini dipengaruhi suplai yang terbatas.

"Suplai cabai merah yang terbatas disebabkan pergeseran musim. Seharusnya pada Maret sudah memasuki musim kemarau, namun ternyata masih musim hujan," sambung Margo.

Telur ayam ras juga turut mendorong inflasi pada Maret dengan andil 0,04%, karena biaya pakan ternak yang naik. Sehingga, harga telur ayam ras melonjak.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Fitch Pertahankan Sovereign Credit Rating RI pada BBB dengan Outlook Stabil

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:51 WIB
Keputusan tersebut mempertimbangkan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka menengah yang baik. Serta, rasio utang pemerintah...
AFP/Shaun Curry

Shell Dukung Pemanfaatan Energi Bersih di Indonesia

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:00 WIB
Shell International diketahui berkomitmen mempercepat transisi bisnis menuju perusahaan energi dengan net zero emission di...
MI/Cri Qanon Ria Dewi.

OJK Lampung Edukasi Literasi Keuangan di Lampung Tengah

👤Cri Qanon Ria Dewi 🕔Selasa 28 Juni 2022, 21:51 WIB
Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan sebesar 38,03% dan indeks inklusi keuangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya