Selasa 27 Juli 2021, 10:10 WIB

Sukseskan Vaksin Gotong Royong, Agincourt Gelar Vaksinasi di Tambang Martabe

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Sukseskan Vaksin Gotong Royong, Agincourt Gelar Vaksinasi di Tambang Martabe

Dok.PTAR
Peserta vaksin gotong royong di lingkungan tambang emas Martabe

 

PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe menggelar program Vaksinasi Gotong Royong tahap pertama yang dilaksanakan dua harai pada Minggu (25/7)sampai  Selasa (27/7) di Tambang Emas Martabe, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara.

Program penyuntikan vaksin jenis Sinopharm ini menargetkan 900 karyawan PTAR dan kontraktor beserta keluarganya yang digelar di area Terminal Gate dan Shelter Permata di site Tambang Emas Martabe. 

Sebanyak 226 orang berhasil mendapatkan suntikan vaksin di hari pertama program Vaksinasi Gotong Royong ini, Minggu (25/7).

Rahmat Lubis, General Manager Operations PTAR menyatakan, kegiatan vaksinasi itu merupakan bagian dari program Vaksinasi Gotong Royong yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 18 Mei 2021. Menurut Rahmat, penyelenggaraan program Vaksinasi Gotong Royong ini merupakan wujud komitmen PTAR untuk mengutamakan perlindungan bagi seluruh karyawan dan keluarganya dari paparan virus Covid-19.

"Tentunya kami berharap melalui penyelenggaraan Vaksinasi Gotong Royong ini, selain turut serta menyukseskan program pemerintah, produktivitas seluruh karyawan PTAR dan karyawan kontraktor bisa ditingkatkan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui industri pertambangan ini,” kata Rahmat dalam keterangan tertulisnya. 

Rahmat menyatakan program Vaksinasi Gotong Royong di Tambang Emas Martabe digelar dengan menggandeng PT Kimia Farma Diagnostika (KFD), yang merupakan cucu perusahaan PT Kimia Farma Tbk (KAEF). Sejauh ini Kimia Farma merupakan perusahaan yang melakukan distribusi dan penyuntikan Vaksinasi Gotong Royong di sektor pertambangan.

Sebelumnya, kata Rahmat, sebanyak 599 Karyawan terdiri dari 329 karyawan PTAR dan 270 karyawan kontraktor di site Tambang Emas Martabe sudah mendapatkan vaksin dosis kedua pada 16 Juli 2021 melalui program vaksinasi berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Tapanuli Selatan. 

Vaksin yang digunakan berjenis Sinovac di mana penyuntikan dosis pertama pada 18 Juni 2021. Sehingga per 25 Juli 2021, total karyawan PTAR (karyawan FIFO, lokal dan kantor Jakarta) serta karyawan kontraktor yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama sebanyak 1,228 orang, sementara yang telah mendapatkan suntikan vaksin dosis kedua sebanyak 642 orang.

Di tempat terpisah, Senior Manager Corporate Communications PTAR, Katarina Siburian Hardono menyatakan terima kasih serta apresiasi kepada Pemerintah Indonesia yang telah menyelenggarakan program Vaksinasi Gotong Royong sehingga pihak swasta diperkenankan untuk ikut serta, khususnya perusahaan pertambangan seperti PTAR yang merupakan Obyek Vital Nasional. 

Katarina berharap program vaksinasi ini bisa memberikan kenyamanan dan ketenangan bekerja bagi seluruh karyawan PTAR dan kontraktor di Tambang Emas Martabe. 

"Kami berharap tentunya herd immunity di Tambang Emas Martabe bisa tercapai," kata Katarina.

Di tengah masa pandemi Covid-19 ini menurut Katarina, Tambang Emas Martabe tetap berkomitmen mengupayakan kesehatan dan keselamatan karyawan sekaligus mempertahankan produksi emas yang aman serta bermanfaat bagi seluruh pemangku kepentingan. 

PTAR bekerja sama dengan berbagai pihak seperti kontraktor kesehatan International SOS dan PT Prodia Widyahusada Tbk, juga dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, serta Satuan tugas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Tapanuli Selatan telah merancang proses protokol kesehatan bagi seluruh karyawan untuk tetap menjaga keberlanjutan produksi Tambang Emas Martabe. (RO/E-1)

Baca Juga

thinkstock

Menko Marves dan Menkes ke AS Jajaki Peluang Investasi Obat Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 19:26 WIB
Menko Luhut menjelaskan dirinya dan Menkes Budi Sadikin akan melakukan pertemuan dengan Merck mengenai obat...
MI/Palce Amalo

Mentan Minta Karantina Perketat Produk Pertanian Yang Masuk ke Indonesia

👤Palce Amalo 🕔Senin 18 Oktober 2021, 19:16 WIB
MENTERI Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong Badan Karantina Pertanian untuk memperketat setiap produk pangan dan makanan yang...
Ist/KKP

KKP dan Kemendag Perketat Pengawasan Impor Ikan dan Garam

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 19:04 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kemendag akan memperketat pengawasan impor produk hasil perikanan dan komoditas pergaraman agar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya