Selasa 22 Juni 2021, 18:48 WIB

Bertemu Wantimpres, Wamendag Bahas Pengelolaan Cryptocurrency

mediaindonesia.com | Ekonomi
Bertemu Wantimpres, Wamendag Bahas Pengelolaan Cryptocurrency

Ist
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat diwawancarai wartawan.

 

WAKIL Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga beraudiensi  dengan Ketua Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden) Wiranto untuk bertukar informasi mengenai pengelolaan crypto.

Hal itu dilakukan untuk menjadi bahan kajian mengenai berbagai hal seputar cryptocurrency, bagaimana dampaknya terhadap perekonomian nasional dan bagaimana dampaknya.

Wamendag Jerry Sambuaga mengaku sangat senang karena Wantimpres memberikan perhatian khusus terhadap komoditas digital yang tengah hits ini.

Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir perkembangan mata uang crypto memang sangat pesat dan harus ditangkap oleh semua pihak sebagai sesuatu yang baru yang harus ditangani dengan baik.

“Beliau (Wiranto) khususnya dan Dewan Pertimbangan Presiden pada umumnya memberikan perhatian yang khusus buat crypto. Ini dilakukan untuk melihat sejauhmana ini bisa berdampak terhadap perekonomian nasional dan bagaimana pula cara untuk mengoptimalkan manfaatnya,” kata Wamendag Jerry pada keterangan pers, Selasa (22/6).

Menurut Jerry,  ada beberapa hal yang dibicarakan dalam pertemuan hangat itu, pertama, Ketua Wantimpres ingin mendengar bagaimana perkembangan crypto baik dalam lingkup internasional maupun dalam lingkup domestic.

“Kedua, Pak Wiranto ingin mengetahui bagaimana visi Kementerian Perdagangan dalam pengelolaan perdagangan aset crypto,” jelasnya.

Terkait  hal tersebut, Jerry menjelaskan bahwa ragam dan jenis aset crypto sangat banyak. Ke depan banyak hal yang bisa dikelola dengan memanfaatkan basis teknologi dan perdagangan crypto.

“Oleh karena itu, regulasi dan penataan kelembagaan terkait harus bisa mengakomodasi perkembangan ini agar bisa bermanfaat secara luas bagi kesejahteraan masyarakat,” ujar Wamendag.

Wamendag juga menjelaskan bahwa Kemendag melalui Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) sedang mempersiapkan pendirian bursa.

Prioritas dari pendirian bursa adalah untuk perlindungan pelaku dan pemilik aset crypto serta upaya untuk optimalisasi dampak positifnya.

“Dengan regulasi yang jelas dan adanya bursa, pemilik dan pedagang aset crypto punya batasan yang jelas mengenai aset mereka dan bagaimana perdagangannya. Dengan begitu mereka bisa beraktivitas secara legal dan terlindungi,” papar Jerry.

Selain itu, dengan adanya aturan yang jelas dan adanya bursa, maka pelaku perdagangan crypto tidak lari ke bursa lain di luar negeri

Saat ini sudah ada sekitar 9000 jenis aset crypto dan terus berkembang. Pemerintah melalui Bappebti di bawah Kemendag telah menetapkan sekitar 229 aset crypto yang bisa diperdagangkan di Indonesia dengan nilai perdagangan lebih dari Rp1 triliun per hari.

Bappebti juga telah menerima pendaftaran dari pelaku usaha crypto yang akan mendirikan bursa. Bursa ini diharapkan segera berdiri dan aktif pada semester kedua tahun ini.

“Tanpa adanya bursa, mereka akan bertransaksi dengan pialang-pialang yang secara hukum susah dimonitor,” tambah Jerry.

Mendengar penjelasan tersebut Ketua Wantimpres Wiranto mengapresiasi langkah-langkah kementerian perdagangan dan berharap langkah bagus itu bisa terus dilanjutkan dan ditingkatkan.

Dalam pertemuan, Wiranto juga berharap komunikasi dan kolaborasi antar kementerian/lembaga dan kementerian dengan pelaku usaha bisa terus ditingkatkan.

 Selain itu, Wiranto juga mendorong agar inovasi dalam kegiatan ekonomi berbasis crypto makin meningkatkan kekuatan ekonomi Indonesia. (RO/OL-09)

Baca Juga

XL Axiata

XL Axiata bakal Akuisisi 66% Saham Link Net

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:58 WIB
Hal ini ditandai lewat penandatanganan kesepakatan tidak mengikat XL Axiata dengan pemegang saham mayoritas Link...
Dok MI

Serapan Anggaran Daerah Rendah karena Pemda Incar Bunga Bank

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:12 WIB
Imbal hasil, atau bunga yang diterima pemerintah daerah dari perbankan, kata Amir, masuk ke dalam...
Antara

Tol Listrik Sepanjang 864 Km Resmi Beroperasi di Flores

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 18:38 WIB
Dia menurturkan, kehadiran tol listrik tersebut bisa memperkuat keandalan listrik dan peningkatan rasio elektrifikasi di wilayah Indonesia...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya