Jumat 26 Maret 2021, 17:51 WIB

Erick Thohir Resmikan Pembentukan Indonesia Battery Corporation

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Erick Thohir Resmikan Pembentukan Indonesia Battery Corporation

Antara/Jojon.
Foto udara pabrik pengolahan nikel milik PT Aneka Tambang Tbk di Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara, beberapa waktu lalu.

 

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengumumkan pembentukan Indonesia Battery Corporation (IBC). Holding BUMN tersebut terdiri dari PT PLN (Persero), Mining and Industry Indonesia (MIND ID), PT Aneka Tambang (Antam) Tbk, dan PT Pertamina (Persero).

"Saya rasa ini perjalanan panjang sekitar 1 tahun lalu untuk transformasi kemajuan Indonesia ke depan. Dengan adanya pandemi covid-19 justru mempercepat transformasi itu," kata Erick dalam konferensi pers pendirian Indonesia Battery Corporation, Jumat (26/3).

Indonesia yang memiliki kekayaan nikel senilai hampir 24% dari seluruh dunia dan dengan dibentuknya IBC bisa membuat Indonesia bersahabat dengan ekonomi hijau serta mempercepat eksplorasi kekuatan Indonesia. "Dari tahun 80, industri perkayuan telat, tahun 70 industri perminyakan juga telat, dan ini justru membuat momentum penting ketika perubahan inovasi cukup berani yang tidak kalah dengan negara besar lain dan bisa menjadi partner global," ujar Erick.

Dirinya mengatakan antar-holding memiliki kepemilikan saham sama besar. Untuk partnership, pemerintah akan memiliki saham di atas 51%. IBC nanti bermitra dengan LG Chem Ltd dari Korea Selatan dan Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL) dari Tiongkok.

"Untuk yang mobil memang tergantung kemampuan partner. Jadi global partner di posisi lebih mengalah. Tidak hanya menjadi market tapi pertumbuhan tenaga kerja terukur karena pabriknya di dalam negeri," jelasnya. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Saham SRIL dan Tridomain masih Dibekukan sampai Masalah Gagal Bayar Selesai

👤Fetry Wuryasti 🕔Minggu 20 Juni 2021, 15:31 WIB
PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah menghentikan sementara seluruh efek SRIL dan TDPM, masing-masing sejak 18 Mei 2021 dan 27 April...
Antara

BSI Pimpin Pembiayaan Sindikasi Syariah Senilai Rp1,8 Triliun

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 20 Juni 2021, 15:19 WIB
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berpartisipasi dalam Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Jalan Tol Serang-Panimbang...
ist/Kementan

25 Tahun Jejaki Dunia Birokrasi, Ini Pesan Mentan Syahrul untuk Para Bupati

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 Juni 2021, 13:39 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menceritakan pengalaman pribadinya selama menjejaki dunia birokrasi lebih dari 25...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya