Senin 08 Maret 2021, 13:56 WIB

Penjelasan Batik Air Soal Gagalnya Penerbangan Rute Palu-Jakarta

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Penjelasan Batik Air Soal Gagalnya Penerbangan Rute Palu-Jakarta

MI/Solmi
Batik Air

 

BATIK Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan keterangan soal penundaan penerbangan nomor ID-6561 hari ini (08/ 03) rute Palu melalui Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri, Sulawesi Tengah (PLW) tujuan Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK).

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro menuturkan, sesuai standar operasional prosedur (SOP), ketika pesawat tersebut sudah berada di landas parkir (apron) Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri, dilakukan pengecekan sebelum keberangkatan (pre flgiht check) secara menyeluruh oleh awak kokpit (pilot) dan teknisi.

"Hasil pengecekan pesawat, ditemukan menyerupai garis yang melengkung dengan panjang kurang lebih 30 cm di permukaan lapisan kaca kokpit (cockpit windshield) bagian kiri," kata Danang dalam keterangan resminya, Senin (8/3).

Mengenai penyebabnya hal tersebut, dia mengaku pihaknya masih dalam tahap pemeriksaan. Adapun, Batik Air penerbangan ID-6561 akan dioperasikan menggunakan Boeing 737-800 NG registrasi PK-LDP, dengan mengangkut 151 penumpang.

Baca juga : April 2021, Harga Cabai Rawit Diprediksi Kembali Normal 

Jadwal keberangkatan dari Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri pukul 07.00 WITA (Waktu Indonesia Tengah, GMT+ 08) dan diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 08.45 WIB (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07). Namun, mengalami penundaan.

"Batik Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh tamu yang terganggu perjalanannya atas ketidaknyamanan yang timbul dari penerbangan ID-6561," ucap Danang.

Batik Air, lanjutnya, memberikan kompensasi keterlambatan keberangkatan (delay management) 

berdasarkan ketentuan yang berlaku. Pilihan layanan yang juga diberikan kepada penumpang, antara lain ialah pembagian makanan ringan (snack) dan makanan berat (heavy meals) sesuai durasi jam keterlambatan.

Lalu, kompensasi berupa uang senilai Rp300 ribu, akan ada prubahan jadwal keberangkatan (reschedule), kemudian pengembalian dana dari tiket tunai (refund cash).

"Pindah terbang terdekat dengan Batik Air (transfer flight) rute Palu - Makassar - Jakarta 14 tamu, serta pindah terbang terdekat dengan Wings Air dan Batik Air (transfer flight) rute Palu - Luwuk - Makassar - Jakarta 46 tamu," jelas Danang. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok.Singapore Airlines

Singapore Airlines Buka Kembali Layanan ke Bali

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:38 WIB
Singapore Airlines (SIA) akan membuka kembali penerbangan komersial harian dari Singapura ke Bali mulai 16 Februari...
Antara

Truecaller Akuisisi Platform AI CallHero Senilai Rp64,5 Miliar

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:24 WIB
Truecaller telah menandatangani kesepakatan akuisisi CallHero (www.getcallhero.com), aplikasi asisten digital yang menggunakan teknologi...
Dok. BKPM

Kementerian Investasi Kolaborasi dengan Kemendagri untuk Permudah Validasi Data Pelaku Usaha 

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:20 WIB
Adanya PKS tersebut memberikan dukungan dalam bentuk pemberian akses pemanfaatan data kependudukan untuk kepentingan pendaftaran pelaku...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya