Rabu 03 Maret 2021, 18:28 WIB

Menhub Tegaskan LPI Jamin Proyek Infrastruktur dapat Berjalan

Insi Nantika jelita | Ekonomi
Menhub Tegaskan LPI Jamin Proyek Infrastruktur dapat Berjalan

Antara/Muhammad Adimaja
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

 

MENTEIR Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, dengan adanya Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) dapat menjamin berjalannya proyek-proyek infrastruktur strategis nasional. 

Hingga akhir 2021, pemerintah diketahui bakal menambah penyertaan modal secara bertahap hingga mencapai Rp75 triliun untuk LPI.

"Dengan adanya SWF ini ada suatu langkah strategis mengumpulkan sejumlah dana dan bisa mensimulasi kegiatan di Indonesia. Hal ini juga dapat memenuhi kebutuhan pembiayaan pembangunan infrastruktur yang tepat waktu," jelas Budi dalam webinar, Rabu (3/3).

Budi menilai, urgensi pembentukan LPI disebabkan adanya kebutuhan pembiayaan yang besar untuk pembangunan infrastruktur di tengah pandemi. Menurutnya, jika infrastruktur dibiayai dengan utang jangka pendek, makan nilai uang itu akan semakin tinggi pula.

Baca juga : Jaga Surplus, Pemerintah Diminta Kendalikan Impor Barang Konsumtif

"Ini menjadi sumber pembiayaaan pilihan alternatif untuk mengurangi ketergantungan kita kepada dana jangka pendek. Dengan sejumlah kewenangan khusus dalam pengelolaan investasi dana pemerintah pusat, ini dapat berjalan dengan baik dan tidak mengurangi semangat untuk membangun infrastruktur," kata Budi.

Menhub juga menuturkan, di berbagai negara juga sudah memiliki SWF. Menurutnya, ada lima negara dengan memiliki aset SWF terbesar, yakni dari negara Norwegia, Tiongkok, Uni Emirat Arab (UAE), Kuwait, dan Hong Kong. Hal itu diharapkan jadi cambukan RI dalam pembiayaan investasi dalam negeri.

"Dengan jumlah aset luar biasa yaitu US$3.795 miliar, nilai ini jauh lebih besar dari PDB indonesia 2020, sehingga SWF menjadi sumber alternatif bagi pembiayaan baru berasal dari global market," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

DOK POS INDONESIA

Pos Indonesia Berbagi Jutaan Takjil Gratis pada POSweet Ramadan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 15 April 2021, 05:00 WIB
PT Pos juga akan memberikan undian gratis berhadiah 15 paket umrah bagi pelanggan yang bertransaksi pada 20 April-31 Mei...
Dok BKPM

Perubahan BKPM Jadi Kementerian Sudah Terprediksi

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Kamis 15 April 2021, 03:25 WIB
PERUBAHAN nomenklatur Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjadi Kementerian Investasi bukan hal yang...
Dok Pelni

Muatan Kapal Penumpang Pelni Tumbuh Jadi 106% di Triwulan I 2021

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 23:39 WIB
Selain itu, Pelni juga mencatatkan pertumbuhan pada muatan kontainer kapal tol laut perusahaan yang tumbuh signifikan menjadi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya