Selasa 13 Oktober 2020, 15:39 WIB

Gubernur BI Yakin Perbaikan Ekonomi Global Terus Berlanjut

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Gubernur BI Yakin Perbaikan Ekonomi Global Terus Berlanjut

AFP/Angela Weiss
.

 

SAAT ini perbaikan perekonomian global terus berlanjut sesuai prakiraan sebelumnya. Hal ini dipengaruhi besarnya stimulus fiskal di beberapa negara maju, terutama Amerika Serikat (AS).

"Perbaikan juga didukung oleh pemulihan ekonomi Tiongkok sebagai dampak dari besarnya stimulus fiskal dan berkurangnya penyebaran covid-19 yang meningkatkan investasi di sektor manufaktur di tengah terbatasnya perbaikan ekonomi negara berkembang lain," ungkap Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI secara daring, Selasa (13/10).

Menurut Perry, pemulihan ekonomi global telah mendorong peningkatan beberapa indikator dini pada September 2020, seperti mobilitas masyarakat global, Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur dan jasa di beberapa negara, serta keyakinan konsumen di AS dan kawasan Eropa.

Ke depan, kata Perry, melanjutnya perbaikan ekonomi global didorong oleh berkurangnya penyebaran covid-19, meningkatnya mobilitas masyarakat, dan berlanjutnya stimulus kebijakan. "Perbaikan ekonomi global tersebut mendorong kenaikan volume perdagangan dan harga komoditas dunia sesuai prakiraan sebelumnya," ujar Perry.

Namun, ketidakpastian pasar keuangan global dikatakan tetap tinggi. Hal ini dipicu isu geopolitik seperti ketidakpastian pemilu AS dan perundingan Brexit serta ketegangan hubungan dagang AS-Tiongkok.

"Perkembangan ini berdampak pada terbatasnya aliran modal ke negara berkembang dan menahan penguatan mata uang berbagai negara, termasuk Indonesia," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Ist

BPJAMSOSTEK Beri Penghargaan kepada Sejumlah Perusahaan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:56 WIB
Penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan yang telah berkontribusi besar terhadap coverage BPJS Ketenagakerjaan melalui perlindungan...
ANTARA/SIGID KURNIAWAN.

G20 Dorong Pemulihan Ekonomi di tengah Eskalasi Tantangan Global

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:41 WIB
Dalam pertemuan tersebut, juga hadir beberapa pembicara eksternal dari kalangan akademisi dan pelaku pasar yang turut memberikan beragam...
Dok. ShopeePay

Dorong Inklusi Keuangan Digital, BI Perluas Penggunaan QRIS

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:55 WIB
Selain praktis, teknologi ini juga membuat transaksi kita jadi lebih mudah dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya