Senin 05 Oktober 2020, 16:58 WIB

Penyaluran Pupuk Subsidi Capai 72%

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Penyaluran Pupuk Subsidi Capai 72%

Antara/Adeng Bustomi
Pekerja mengangkut pupuk bersubsidi dari gudang untuk didistribusikan.

 

HINGGA 27 September 2020, penyaluran pupuk bersubsidi sudah mencapai 72,03% dari alokasi 8,9 juta ton. Adapun realisasi anggaran untuk subsidi pupuk mencapai Rp16,7 triliun.

"Ada penambahan alokasi 1 juta ton. Jadi, angkanya naik dari 7,9 juta ton (pupuk) menjadi 8,9 juta ton. Realisasi anggaran pupuk subsidi sebesar Rp16,7 triliun," jelas Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI, Senin (5/10).

Lebih lanjut, dia menekankan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir terkait ketersediaan pupuk. Sampai akhir tahun, produksi pupuk masih terjaga.

"Sampai ujung tahun ini masih ada cadangan pupuk sampai 73%. Jadi, kami agak lapang untuk menyalurkan pupuk," imbuh Bakir.

Baca juga: Ekonomi Kontraksi, Sektor Pertanian Masih Tumbuh Positif

Adapun Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Sarwo Edhy menyebut pupuk urea yang sudah disalurkan tercatat 2,8 juta ton, atau sekitar 70% dari alokasi 4 juta ton.

Kemudian, untuk pupuk SP-36 sudah disalurkan sebanyak 461 ribu ton dari alokasi 600 ribu ton. Pupuk ZA terdistribusi sekitar 604 ribu ton dari alokasi 850 ribu ton. Adapun penyaluran pupuk organik tercatat 421 ribu ton dari alokasi 720 ribu ton.

"Secara total, pupuk bersubsidi sudah tersalurkan sebesar 6,4 juta ton dari alokasi 8,9 juta ton. Ini cukup untuk musim penanaman mendatang," pungkas Edhy.(OL-11)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Sandiaga Bakal Bangun Travel Pattern Gili Trawangan - Sanur Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 06 Mei 2021, 22:50 WIB
Dia mengklaim daerah Gili Trawangan masuk dalam zona hijau penyebaran covid-19, sehingga dianggap aman dan dapat menarik wisatawan dengan...
Dok Youtube Setpres

Sampah yang Dikelola PLN Benowo Mampu Melistriki 5.885 Rumah

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 22:00 WIB
PSEL Benowo ini termasuk salah satu program pemerintah dalam percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik...
Ist/Kementan

Sebanyak 20 Ribu Ayam Petelur Disalurkan ke Rumah Tangga Miskin

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:42 WIB
Penyaluran ayam petelur tersebut diharap bisa terbangun sumber usaha masyarakat yang memberikan pendapatan dan akhirnya dapat menurunkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya