Kamis 12 Desember 2019, 15:01 WIB

Akhir Pekan Ini, Tol Japek II Elevated Bisa Dilintasi

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Akhir Pekan Ini, Tol Japek II Elevated Bisa Dilintasi

MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo didampingi pejabat terkait meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di KM 38, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (12/12)

 

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated, Kamis (12/12). Kendati sudah diresmikan, tol layang sepanjang 38 kilometer itu baru akan dibuka untuk umum pada akhir pekan ini setelah dilakukan pembersihan dan penyempurnaan rambu-rambu jalan.

"Dipastikan sebelum 20 Desember 2019 sudah bisa dipakai untuk umum," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat peresmian Tol Japek II Elevated di Cikampek, Jawa Barat, Kamis (12/12).

Terkait tarif, Basuki mengatakan pengguna jalan bisa menggunakan Tol Japek II dengan gratis setidaknya hingga libur Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Presiden akan Lepas Ekspor Isuzu Traga dan Resmikan Tol Japek

Dalam proses pembangunan, lanjut Basuki, Tol Japek II menemui banyak tantangan karena merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia. Di bawahnya, yakni Japek existing memiliki lalu lintas yang padat, mencapai 200 ribu kendaraan per hari.

"Proses pembangunan membutuhkan kehati-hatian tinggi. Waktu pengerjaannya pun hanya dari jam 10 malam sampai jam 5 pagi. Sabtu-Minggu dan hari raya sering diliburkan. Ditambah lagi ada dua proyek lain secara bersamaan yakni kereta cepat dan LRT, sehingga membutuhkan banyak koordinasi dimana hampir setiap minggu rapat," tutur Basuki.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Pengamat: Solusi Gejolak Baru Harga Kedelai Masih Butuh Waktu

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 13:41 WIB
Sebagai negara yang bergantung pada komoditas impor seperti kedelai, maka permasalahan terkait fluktuasi harga di domestik merupakan sebuah...
Antara

Sinergi jadi Kunci Pencegahan Korupsi

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 13 April 2021, 13:34 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sinergi antara kementerian/lembaga dan aparat penegak hukum merupakan hal penting dalam...
Antara

Ketersediaan Pangan Hingga Lebaran Tercukupi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 13 April 2021, 13:25 WIB
Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi memastikan pasokan kebutuhan bahan pokok untuk puasa dan lebaran 2021 dalam kondisi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya