Selasa 30 Juli 2019, 19:30 WIB

Sektor Pariwisata Melambat Akibat Harga Tiket Pesawat Naik

Atikah Ishmah Winahyu | Ekonomi
Sektor Pariwisata Melambat Akibat Harga Tiket Pesawat Naik

ANTARA
Sektor Pariwisata Melambat Akibat Harga Tiket Pesawat Naik

 

DIREKTUR Eksekutif Core Indonesia Mohammad Faisal mengungkapkan, sejumlah sektor lapangan usaha terutama pariwisata mengalami pelambatan. Dia mengatakan penurunan di sektor pariwisata dipengaruhi kenaikan harga tiket pesawat.

"Harga tiket pesawat udara punya efek domino yang agak panjang terutama ke sektor pariwisata," kata Faisal dalam acara Core Midyear Review di Jakarta, Selasa (30/7).

Faisal menuturkan, apabila ke depannya pemerintah ingin menjadikan pariwisata sebagai sektor prioritas, maka permasalahan kenaikan harga tiket pesawat harus terus dicari solusinya.

"Saya pikir sebenarnya agak banyak memang amunisi yang harus digunakan. Dari sisi fiskal saja misalnya, bisa dicoba sampai kepada kebijakan fiskal dan non-fiskal ke travel agent untuk membuka promosi, ini untuk menstimulasi demand-nya. Demand perlu distimulasi apalagi kalau harganya naik," terang Faisal.

Baca juga: Kemenhub Formulasikan Skema Alternatif Penurunan Tiket Pesawat

Namun di luar itu, lanjutnya, pemerintah harus menyisir dari hulu sampai ke hilir termasuk terkait masalah insentif untuk menekan harga tiket. Dia menilai avtur menjadi salah satu komponen yang dapat ditekan pengeluarannya.

"Di dalam sebenernya volume penerbangan kita kan sangat besar sekali, jadi kalau bermain di volume sudah bisa untung tanpa harus mengambil margin terlalu tinggi," bebernya.

Selain itu, pelayanan bandara, maintenance komponen, hingga manajemen penerbangan, terutama terkait rute-rute yang kurang efisien perlu diperhatikan lagi

"Jadi banyak hal yang harus disisir dari sisi hulu sampai ke hilir, termasuk masalah insentif," tandasnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Sigid Kurniawan

Menkeu: Postur APBN 2023 Masih Defisit, Rasio Utang Tetap Dikendalikan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 20 Mei 2022, 12:24 WIB
Pengelolaan pembiayaan untuk menutup kesenjangan finansial (financial gap) akan dilakukan secara efisien, hati-hati dan berkelanjutan...
Antara

Sandiaga Optimistis Kunjungan Turis dari Asia Selatan akan Melonjak

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:02 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis jumlah kunjungan wisatawan dari Asia Selatan ke...
AFP/Daniel Slim

The Fed Masih Terus Mencari Cara Kendalikan Inflasi

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:55 WIB
Muncul gagasan bagi Bank Sentral AS The Fed untuk meningkatkan target inflasi AS, dari sebelumnya di 2%. Dengan menaikkan target inflasi,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya