Selasa 29 Januari 2019, 19:16 WIB

Bonus Demografi, Kesempatan Indonesia Jadi Negara Maju

Rifaldi Putra Irianto | Ekonomi
Bonus Demografi, Kesempatan Indonesia Jadi Negara Maju

MI/BARY FATHAHILAH

 

MENTERI Perencanaan Pembangunan Nasional (kementerian ppn) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan bonus demografi merupakan kesempatan penting karena dapat mengangkat negara menjadi negara maju.

"Kita harus manfaatkan. Jika tidak, kita akhirnya benar-benar masuk middle income trap (perangkap pendapatan menengah). Trap itu akan terus berjalan dan sulit rasanya untuk menjadi negara maju," ucap Bambang dalam Konferensi pers peluncuran Indonesia Development Forum 2019, di Jakarta, Selasa (29/1).

Baca juga: Indonesia Harus Siapkan Ini Agar Siap Hadapi Bonus Demografi di 2045

Bambang menuturkan, bonus demografi dapat dimanfaatkan dengan cara peningkatan produktifitas. Indonesia membutuhkan jumlah tenaga kerja muda yang besar dan produktif demi kelancaran terlaksananya bonus demografi. Keterampilan yang sangat maju menjadi hal yang penting untuk memanfaatkan bonus demografi.

Saat ini, Indonesia sedang mengalami perubahan struktur penduduk. Jumlah penduduk usia produktif yang berusia antara 15 sampai 64 tahun, diperkirakan akan terus meningkat. Menjelang 2030, jumlah penduduk usia produktif di Indonesia diproyeksikan mencapai 200 juta orang, atau sekitar 68% dari populasi.

Hal tersebut menempatkan indonesia sebagai negara dengan populasi usia produktif terbesar di asia tenggara. Perubahan struktur penduduk ini memberikan peluang pertumbuhan ekonomi. Hal ini dapat tercapai apabila Indonesia dapat menciptakan peluang kerja yang berkualitas dan produktif dalam memenuhi kebutuhan angkatan kerja yang semakin bertambah jumlahnya. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Sandiaga Gandeng Biro Perjalanan Mancanegara untuk Ramaikan Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Oktober 2021, 23:55 WIB
Bali masih sepi dari kunjungan wisatawan mancanegara sejak dibuka pertama kali selama pandemi pada 14...
MI/Andri Widiyanto

Sandiaga Sebut Aturan PCR Memberatkan Sektor Pariwisata

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Oktober 2021, 22:52 WIB
"Kami lagi coba tingkatkan wisata Bali yang tembus 10-11 ribu orang yang berkunjung. Tapi, sekarang ada penurunan 20-30%,"...
AFP

Kadin Dorong Perbanyak Vaksinasi Ketimbang Aturan PCR

👤Ant 🕔Senin 25 Oktober 2021, 22:39 WIB
Di sisi lain pelaku ekonomi diminta bangkit namun, sisi lainnya harus menghadapi regulasi yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya