Rabu 04 Januari 2023, 09:46 WIB

Di Amerika Serikat, Jumlah Anak-anak yang Mengonsumsi Makanan Ganja Meningkat

Adiyanto | Weekend
Di Amerika Serikat, Jumlah Anak-anak yang Mengonsumsi Makanan Ganja Meningkat

Ethan Miller / GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP
Beberapa makanan yang mengandung ganja yang dijual di AS

 

Menurut sebuah studi ilmiah yang diterbitkan di jurnal medis Pediatrics, Selasa (3/1), jumlah anak-anak di Amerika yang secara tidak sengaja menelan makanan ganja telah melonjak hampir 15 kali lipat dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu karena semakin banyak negara bagian telah melegalkan penggunaan ganja untuk rekreasi.

Menurut data pejabat kesehatan, pada 2017 lebih dari 200 anak berusia lima tahun atau lebih muda mengonsumsi produk makanan yang mengandung bahan memabukkan tersebut. “Jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2021 dimana ada lebih dari 3.050 kasus, “ kata penelitian itu.

Seringkali dijual dalam bentuk permen, coklat, atau kue kering, makanan yang mengandung ganja ini terlihat menarik bagi anak-anak, tetapi dapat menyebabkan bahaya serius.

Sejauh ini memang tidak ada kematian yang dilaporkan. Dari sekitar 7.000 kasus anak-anak yang mengonsumsi makanan itu selama periode lima tahun penelitian, sekitar 8% anak memerlukan perawatan intensif, sementara hampir 15% dirawat di rumah sakit.

Usia rata-rata anak-anak yang terkena adalah tiga tahun. Gejala yang mereka alami termasuk depresi sistem saraf pusat, muntah, hingga koma.

Ketika penelitian dimulai pada 2017, ganja untuk rekreasi hanya legal di delapan negara bagian AS ditambah Washington, Namun, jumlahnya meningkat menjadi 18 negara bagian pada akhir Mei 2022.

"Peningkatan ini diyakini terkait dengan lebih banyak negara bagian yang mengizinkan penggunaan ganja untuk rekreasi oleh orang dewasa," tulis penulis penelitian tersebut.

Hasil penelitian itu mengungkap dari seluruh kasus anak-anak yang secara tidak sengaja mengonsumsi makanan yang mengandung ganja, umumnya terjadi di rumah. Oleh karena itu, para peneliti meminta agar orang tua maupun pengasuh di rumah menyimpan produk ganja tersebut dalam wadah terkunci di lokasi yang tidak diketahui anak-anak.

Beberapa negara bagian AS, termasuk California, telah menerapkan langkah-langkah tersebut, tetapi tidak ada undang-undang nasional tentang bagaimana produk ganja dikemas. (AFP/M-3)

 

Baca Juga

Kenzo TRIBOUILLARD / AFP

Mengais Sisa-sisa dari Pertempuran Bersejarah Waterloo

👤Adiyanto 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 17:16 WIB
Pada palagan yang terletak 20 kilometer (12 mil) selatan Brussel, Belgia itu, tentara Napoleon yang kalah jumlah, menyerah...
Dok. Lemonilo

Lemonilo Hadirkan Ruang Temu Para Penggerak Perubahan

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 10:38 WIB
Lemonilo mengadakan acara 'Change Maker Meet' sebagai wadah pertemuan bagi para sosok penggerak perubahan di berbagai...
Dok. Media Indonesia Publishing

Perihal Kopi Nusantara

👤Pro/M-2 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 08:15 WIB
KOPI bukan hanya sekadar biji tumbuhan bercita rasa khas. Kopi digemari dan dicari sebagai sumber kepuasan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya