Rabu 02 November 2022, 11:15 WIB

Selain Menimbulkan Kerut, Ini Risikonya Jika Sering Menggosok Mata

Nike Amelia sari | Weekend
 Selain Menimbulkan Kerut, Ini Risikonya Jika Sering Menggosok Mata

unsplash.com/ Bacila Vlad
Ilustrasi: Mata

 

Keseringan berlama-lama menatap layar komputer dan polusi udara, membuat sebagian orang sering menggosok mata. Padahal, menurut para ahli, tindakan itu tidak baik untuk kesehatan mata.

Beberapa kondisi medis dapat menyebabkan gesekan, kata para ahli.  “Mata kering bisa menjadi penyebabnya. Meskipun menggosok akan merangsang produksi air mata, lebih baik menambahkan beberapa tetes mata sebagai pelumas," kata dokter kulit Dr. Karyn Grossman, seperti dikutip dari situs Huffpost, Jumat (28/10).

“Alergi juga dapat menyebabkan mata gatal, yang menyebabkan orang menggosok, yang kemudian menyebabkan lebih gatal,” kata Grossman.

Dokter kulit menyarankan untuk menjauhkan tangan Anda dari mata karena kebiasaan menggosok mata dapat sangat memengaruhi penampilan dan kesehatan Anda.  Kebiasaan tersebut dapat menimbulkan akibat seperti berikut ini::

1. Mata merah
“Menggosok mata bisa menjadi penyebab di balik mengapa Anda memiliki mata yang tampak lelah,” kata dokter kulit Dr. Snehal Amin.  "Mata berdarah bisa jadi hasil dari menggosok sampai kapiler pecah."

2. Lingkaran hitam
Menggosok mata juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata, yang dikenal sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi.  Dan semakin gelap warna kulit Anda, semakin buruk hasilnya.

“Khusus bagi mereka yang memiliki kulit lebih gelap, menggosok mata memiliki efek mempercepat produksi pigmen kulit di area tersebut,” ujar dokter kulit Dr Angelo Thrower.

3. Kerutan
“Ketika menggosok mata berulang kali,akan membuat kulit Anda berisiko mengalami likenifikasi, yang merupakan istilah medis untuk penebalan kulit,” kata dokter kulit Dr. Brendan Camp.  “Itu bisa membuat garis-garis di kulit Anda lebih jelas, yang menonjolkan munculnya kerutan.  Itu juga bisa membuat kulit Anda terlihat kering dan bersisik.”

4. Kerusakan kornea
“Menggosok tidak hanya merusak kulit kelopak mata tetapi juga dapat menyebabkan goresan mikro pada kornea,” kata Amin.  “Seiring waktu, ini dapat mengakibatkan penipisan dan hilangnya bentuk kornea yang dapat menyebabkan penglihatan kabur, suatu kondisi yang dikenal sebagai keratoconus.  Menggosok mata sangat berbahaya bagi orang-orang dengan glaukoma yang mendasarinya, karena dapat menyebabkan lonjakan tekanan intraokular," lanjutnya.

5. Risiko infeksi
Kuman dari tangan atau udara dapat masuk ke tubuh melalui mukosa mata. Mukosa merupakan lapisan tipis atau membran jaringan yang menutupi permukaan bagian dalam tubuh.(M-3)

 

Baca Juga

123RF

Pohon Tua Lebih Toleran Terhadap Kekeringan

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:34 WIB
Mempertimbangkan aspek usia hutan akan menjadi faktor penting dalam memitigasi dampak perubahan...
Dok Ist

Oki Setiana Dewi Luncurkan Busana untuk Muslimah Aktif

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:03 WIB
Oki Setiana Dewi luncurkan pakaian gamis dan produk mukena untuk muslimah yang memiliki mobilitas...
Dok. Miles Films

Serial Call My Agent Versi Indonesia Tayang Tahun Depan

👤Fathurrozak 🕔Rabu 07 Desember 2022, 14:15 WIB
Hubungi Agen Gue! merupakan serial yang diadaptasi dari serial Prancis berjudul Dix Pour Cent (Call My...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya