Minggu 01 Agustus 2021, 05:15 WIB

RATIH IBRAHIM Tumbuhkan Harapan lewat Konseling

(*/M-1) | Weekend
RATIH IBRAHIM Tumbuhkan Harapan lewat Konseling

MI/SUMARYANTO BRONTO

RATIH Ibrahim sudah cukup dikenal sebagai salah satu psikolog kenamaan di Tanah Air. Di masa pandemi, pengurus pusat di Ikatan Psikologis Klinis Indonesia (IPK) yang juga pendiri perusahaan kon­seling Personal Growth ini ikut menyediakan layanan psikologis awal bagi orang yang menderita depresi akibat terdampak covid-19.

Hadir sebagai bintang tamu Kick Andy, Ratih mengungkapkan bahwa ia semakin menyadari kebutuhan layanan tersebut karena ia juga penyintas covid-19. Selama dirawat sebagai pasien covid-19, Ratih dapat belajar banyak hal, termasuk pentingnya kekuatan harapan (the power of hope). Dengan menjaga harapan pula proses kesembuhan akan terbantu.

Salah satu cara menjaga harapan itu ialah dengan melihat segala sesuatu dari sisi positif dan mensyukuri segala kemajuan walaupun yang tampak kecil. Hal ini pun dijalankan Ratih sendiri selama dalam perawatan, termasuk ketika dokter mengatakan ada sedikit pertumbuhan sel-sel baru di paru-parunya.

Jika melihat dari sisi negatif, tingkat pertumbuhan yang sedikit itu mungkin tidak terasa berarti atau malah justru membuat sedih. Padahal, bagaimanapun kecilnya pertumbuhan alah sesuatu yang positif dan harus disyukuri. Dari situ pula orang akan memiliki harapan dan keyakinan untuk sembuh.

"Harapan itu seperti cahaya di lorong yang gelap. Hal ini membuat kita bisa menjadi seorang survivor," tambah perempuan berusia 55 tahun itu.

Ratih juga mengungkapkan petingnya para orangtua untuk tangguh dan memiliki daya juang menghadapi berbagai ujian di masa pandemi. Itu bukan saja penting bagi diri orangtua sendiri, melainkan juga bagi anak-anaknya.

Ia mengungkapkan anak-anak sebenarnya menjadi kelompok paling rentan terdampak di masa pandemi. Keharusan berdiam di rumah sudah sangat berpengaruh bagi karakter anak-anak yang secara alami membutuhkan ruang gerak dan bermain bebas. Karena itu, orangtua sebagai sumber proteksi utama anak harus tetap dapat melindungi anak-anak dari dampak yang lebih buruk dari pandemi, termasuk ke dampak psikologis. (*/M-1)

Baca Juga

MI/Furqon Ulya Himawan

Edukasi Gaya Hidup Sehat

👤MI 🕔Minggu 26 September 2021, 06:45 WIB
DENGAN keberhasilan angka penurunan kasus covid-19 di Tanah Air dan kondisi global, sejak awal...
MI/Furqon Ulya Himawan

Sebarkan Narasi yang Merekatkan Bangsa

👤Furqon Ulya Himawan 🕔Minggu 26 September 2021, 06:30 WIB
MINGGU lalu sebuah video yang menunjukkan sejumlah santri menutup kuping saat mendengar musik,...
MI

Sudoku edisi 26 September 2021

👤MI 🕔Minggu 26 September 2021, 06:20 WIB
SUDOKU atau di kenal juga dengan tebak angka (number...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya