Sabtu 12 September 2020, 17:40 WIB

Astaga, dalam Setengah Abad Terakhir 68% Populasi Hewan Punah

Putri Rosmalia Oktaviani | Weekend
Astaga, dalam Setengah Abad Terakhir 68% Populasi Hewan Punah

Unsplash/Hans Van Tol
Burung

SEKITAR  68% dari total hewan di bumi punah dalam 50 tahun terakhir. Mamalia, burung, amfibi, reptil, dan ikan menjadi yang paling terdampak.

Hal itu diungkapkan lembaga konservasi World Wide Fund for Nature (WWF) lewat WWF Living Planet Index yang baru saja dirilis lembaga tersebut pada September 2020. Studi itu mengkaji dampak kehidupan dan aktivitas manusia pada populasi dan spesies hewan.

Studi itu juga menyanggah pernyataan yang mengatakan bahwa deforestasi menjadi penyebab utama berkurangnta populasi hewan.

Pengurangan populasi hewan dinilai terjadi karena berbagai aktivitas manusia. Deforestasi menjadi salah satu yang paling berperan. Namun, berbagai aktivitas keseharian dan industri lainnya juga memiliki peran.

Seperti dikutip Dailyamail, General Director WWF, Marco Lambertini, mengatakan bahwa penelitian tersebut menunjukkan sebuah hasil yang mengerikan. Jumlah spesies hewan yang berkurang secara signifikan menjadi indikator kerusakan bumi secara masif. Hal itu nantinya juga akan berbahaya bagi manusia.

"Rusaknya alam dan habitat hewan karena ulah manusia juga semakin memperparah peningkatan kasus-kasus kesehatan global seperti pandemi covid-19," ujar Marco.

Marco mengatakan WWF mendorong adanya aturan di setiap negara untuk berhenti melakukan pemenuhan kebutuhan hidup manusia yang dapat memperluas deforestasi. Setiap orang juga diharapkan mau untuk mulai beralih mengubah pola makan menjadi dominan produk tumbuhan, bukan hewan. (M-4)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

Inilah Tujuh Tips Aman Berkebun

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 November 2020, 06:30 WIB
Seperti halnya aktivitas lain, bertanam memiliki risiko tertentu bagi kesehatan dan keselamatan...
123RF (IKO)

Ketahui Enam Manfaat Positif Berkebun

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 November 2020, 06:00 WIB
Bertanam menjadi salah satu pilihan orang-orang di masa pandemi Covid-19 beberapa bulan...
MI/SUSANTO

Nadjamuddin Ramly Pemuka Agama Harus Jadi Contoh Penerapan Prokes

👤Putri Rosmalia 🕔Minggu 29 November 2020, 05:25 WIB
KERUMUNAN massa akibat acara keagamaan di Petamburan dan Tebet, Jakarta, serta di Megamendung, Jawa Barat, belum lama ini telah berbuntut...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya