Kamis 25 Juni 2020, 19:28 WIB

Tak Perlu Kipas, Begini Cara WFH Saat Suhu Panas

Abdillah Marzuqi | Weekend
Tak Perlu Kipas, Begini Cara WFH Saat Suhu Panas

123RF
Ada sejumlah kiat agar WFH tetap nyaman meski cuaca tengah panas.

 

Bagi yang terbiasa bekerja di kantor dengan fasilitas pendingin ruangan (AC), bekerja dari rumah (WFH) dengan tanpa AC pasti jadi persoalan. Apalagi bagi karyawan indekos yang hanya ditemani kipas angin. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar semakin nyaman bekerja dari rumah saat udara panas. 

1. Berpakaian seperlunya
Selama bekerja dari rumah, pihak perusahaan tidak akan protes dengan pakaian yang dikenakan. Artinya, tidak ada yang tersinggung ketika tidak memakai sepatu ataupun kaus kaki. Lebih dari itu pun tidak ada yang tersinggung. Misalnya, demi kenyamanan hanya memakai kaos oblong dan celana pendek. Meski demikian, usahakan selalu ada pakaian yang berada dalam jangkauan. Setidaknya jika buru-buru membuka pintu ataupun ada tamu, pakaian itu akan sangat berguna. Minimal sarung.

2. Ventilasi
Cara pertama tidak akan banyak membantu ketika bekerja dalam kondisi ruangan tertutup. Usahakan ada ventilasi udara, buka jendela lebar-lebar namun tetap tutup gorden. Selain agar tidak terlihat dari luar, gorden tertutup juga berguna untuk menahan sinar matahari.

3. Hidrasi
Perbanyak minum air putih dan hindari kafein. Mungkin ini sulit dilakukan bagi sebagian orang yang hidupnya bersetia dengan kopi.
Suhu panas adalah jalaran keringat, apalagi hanya duduk dan diam. Sebab itu, pastikan untuk menjaga kadar cairan tubuh sepanjang hari dengan minum secara teratur. Hindari teh atau kopi, karena kafein mempermudah tubuh dehidrasi.

4. Ubah pola makan
Makan makanan pencegah hidrasi, misalnya salad. Salad sangat cocok dikonsumsi kala suhu panas. Komponennya seperti selada, seledri dan mentimun memiliki kandungan air yang tinggi. Sementara itu, cobalah untuk memngurangi daging dari daftar makanan. Ketika mencerna daging, tubuh mengeluarkan energi ekstra yang menyebabkan panas atau lebih akrab disebut termogenesis. Sebab itu, salad kala jam makan siang sepertinya jadi ide yang lebih baik.

5. Hindari kipas angin
Kipas angin hanya akan membuat udara panas berputar-putar di ruangan. Jika terpaksa, tambahkan es batu ataupun air di muka kipas angin. Itu akan membantu mendinginkan udara.

6. Bekerja di luar
Jika udara di luar lebih dingin daripada di dalam ruangan, sangat masuk akal untuk bekerja di luar. Tapi perhatikan pula faktor kenyamanan lain semisal cahaya matahari, sumber daya listrik, dan posisi tubuh saat bekerja di luar. Ingat bekerja dengan laptop biasanya memakan waktu lumayan panjang.

7. Ubah jam kerja
Sesuaikan jam kerja dengan kenyamanan tubuh dan lingkungan. Tentu saja dengan tetap memperhatikan aturan perusahaan. (The Guardian/M-2) 

Baca Juga

Dok. Kepustakaan Populer Gramedia

Mengisi Imaji dengan Fiksi Mini

👤Pro/M-2 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 06:35 WIB
SETELAH berhasil menghanyutkan pembaca lewat buku kumpulan fiksi mini pertamanya berjudul Strings Attached, Firnita kembali menghadirkan...
Dok. PT Gramedia Pustaka Utama

Kala Pintu tidak sekadar Saksi Bisu

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 06:30 WIB
Yang menjadi kelebihan novelis satu ini ialah pembaca tidak akan merasa imajinasinya...
Instagram The Simpsons

Dicari, Analis Serial The Simpsons untuk Ramal Masa Depan

👤Irana 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:37 WIB
Analis ini akan dibayar kurang lebih Rp95 juta untuk menonton serial The Simpsons dan film-film spin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya