Sabtu 09 April 2022, 07:30 WIB

Ramai-Ramai Ciptakan Metaverse Lokal

Putri Rosmalia | Teknologi
Ramai-Ramai Ciptakan Metaverse Lokal

Dok. 123RF
Ilustrasi NFT

 

BISNIS digital dengan membangun metaverse –istilah untuk jagat digital yang menjadi populer dengan sebutan tersebut setelah pergantian nama Facebook Inc-- di Tanah Air semakin menggeliat. Satu per satu metaverse buatan lokal mulai dirilis dan siap dipasarkan melalui non-fungible token (NFT).

Salah satu metaverse lokal yang sedang ramai dibahas ialah Metaverse Indonesia yang digarap oleh perusahaan bernama WIR Group. Chief Marketing Officer WIR Group Gupta Sitorus mengatakan Metaverse Indonesia akan segera dirilis pada momen Presidensi G-20 pada November mendatang. Pada tahap awal, Metaverse Indonesia akan berisi tiga kota, yakni Jakarta, Makassar, dan Bali.

“Metaverse Indonesia akan dirancang dengan platform yang didukung oleh teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, virtual reality (VR), serta augmented reality (AR),” ujar Gupta, di Jakarta, Selasa (5/4).

Gupta mengatakan nantinya Metaverse Indonesia juga akan dirancang agar bisa diakses tanpa perlu menggunakan perangkat seperti kacamata VR dan AR, tetapi hanya menggunakan aplikasi seluler. Hal itu dimaksudkan agar lebih banyak masyarakat yang bisa mengakses Metaverse Indonesia.

“Jadi nanti ada pilihan bisa pakai perangkat AR/VR atau tidak. Tentu pengalaman bermainnya akan berbeda, tapi aktivitas utamanya akan tetap bisa dijalankan hanya dengan ponsel,” ujar Gupta.

Nantinya kota-kota digital buatan tersebut akan dirancang dengan tetap memuat nilai-nilai dan ciri khas setiap kota. Misalnya dengan tetap menghadirkan landmark atau bangunan bersejarah dan bernilai budaya yang ada di setiap kota.

“Dengan begitu nilai lokalnya sesuai yang ada di setiap wilayah akan terwakilkan,” ujarnya.

Pada Metaverse Indonesia, dijelaskan Gupta, juga akan dihadirkan berbagai kegiatan dan konten yang dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh publik. Tak hanya untuk mencari hiburan, tapi juga untuk berbisnis.

Berbagai bisnis dan lembaga akan dihadirkan di Metaverse Indonesia. Di antaranya beberapa bank dan lembaga pemerintahan yang saat ini menjadi pendukung WIR Group membangun Metaverse Indonesia.

“Target kami Metaverse Indonesia akan rampung secara total se-Indonesia pada 2024--2025,” ujarnya.

Kegiatan bisnis di Metaverse Indonesia nantinya bisa dilakukan dengan menggunakan NFT. Pengunjung dapat ikut menjual atau membeli konten-konten digital yang dihadirkan di sana.

Salah satu konten yang tengah dirancang di Metaverse Indonesia saat ini ialah gelaran Jakarta Fashion Week (JFW). Peragaan busana terbesar di Jakarta itu akan digelar untuk pertama kalinya di Metaverse Indonesia tahun ini.

“Ke depan kami akan terus adakan konten-konten yang berkualitas seperti JFW ini agar platform yang kami bangun semakin kredibel dan menarik,” ujarnya.

 

 

Selebritas ikut serta

Tak hanya dibangun oleh perusahaan yang berfokus pada metaverse dan teknologi pendukungnya seperti WIR Group, metaverse buatan lokal juga ikut dikembangkan oleh beberapa selebritas di Tanah Air. Di antaranya Raffi Ahmad hingga Lesti Kejora.

Melalui perusahaannya, Rans Entertainment, Raffi baru saja meluncurkan sebuah metaverse bernama RansVerse. Di dalamnya akan terdapat berbagai konten mulai kehadiran gim hingga properti yang nantinya akan bisa dibeli dengan menggunakan NFT.

“RansVerse ini sebenarnya ialah gim metaverse. Kalau kita lihat ekosistem RANS kan sangat kaya, ada Mba Gigi, Rafathar, Rayanza, Raffi, ada berbagai klub olahraga yang dimiliki, dan animasi. Namun, yang masih missing itu ialah gim. Jadi nanti semuanya akan kita bawa dalam satu platform RansVerse,” ujar CEO Upbanx Wafa Taftazani yang berkolaborasi dengan Rans Entertainment mengembangkan RansVers, dalam jumpa pers virtual, Jumat (1/4).

Wafa mengatakan RansVerse nantinya akan hadir dalam visual sebuah pulau berbentuk huruf R yang terdiri dari lima bagian. Setiap bagian akan berisi bidang-bidang tanah yang akan bisa dibeli masyarakat.

“Semua orang akan bisa berinvestasi dengan membeli tanah di RansVerse,” ujar Wafa.

Secara total nantinya akan dijual sebanyak 24 ribu bidang tanah di RansVerse. Setiap bidang akan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Nantinya tanah tersebut bisa dimanfaatkan pemiliknya untuk menjalankan atau membangun bisnis mereka di RansVerse.

Bisnis yang didukung untuk dijalankan akan bervariasi. Di antaranya seni pertunjukan seperti standup comedy, pertunjukan musik, hingga penyewaan properti. “Ini akan jadi gim pertama di Indonesia yang menggunakan blockchain dan NFT untuk menghasilkan nilai ekonomi di dalamnya,” tutur Wafa.

Sementara itu, metaverse yang digagas oleh penyanyi Lesti Kejora bernama Leslar Metaverse. Leslar Metaverse diluncurkan bersamaan dengan peluncuran koin kripto yang digarap Lesti bersama sang suami Rizky Billar, Leslar koin.

Dalam akun Instagram @leslarmetaverse dijelaskan, Leslar Metaverse adalah dunia digital masa depan yang bertema cyber future. Leslar Metaverse akan mempertemukan seluruh orang baik dari Indonesia dan Global untuk berkumpul atau mengadakan rapat, bekerja, dan bermain.

“Di dunia metaverse ini, kalian juga dapat mengadakan berbagai acara, mengikuti konser, berbelanja online, berkompetisi, hingga membeli sebuah properti digital,” bunyi keterangan di Instagram Lelar Metaverse.

Di dalamnya juga direncanakan akan dirilis berbagai proyek digital yang nantinya dapat diikuti atau dibeli warganet dengan menggunakan NFT. (M-2)

 

 

 

Baca Juga

Dok. Kemenkominfo

Atasi Kesenjangan Digital, Menkominfo Dorong Lanjutkan Pembahasan Konektivitas Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:04 WIB
Menkominfo menekankan arti penting mengatasi kesenjangan digital dengan membangun konektivitas digital atau infrastruktur...
Ist

Beri Nilai Tambah Bagi Pelanggan, Aplikasi KlikDokter Gandeng Marketplace

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 19:00 WIB
Salah satu bentuk kerja samanya adalah layanan konsultasi klikdokter yang bisa dilakukan di aplikasi...
dok.ist

Layanan Instan Kurir Gosend, Kini Hadir di Aplikasi KiriminAja

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 18:00 WIB
SAAT ini layanan instant kurir hadir untuk mempermudah bisnis online untuk semakin memperluas jaringannya. Gosend mulai dapat diakses di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya