Sabtu 10 Juli 2021, 15:10 WIB

Rekor Italia Jadi Tantangan Pasukan Gareth Southgate

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Rekor Italia Jadi Tantangan Pasukan Gareth Southgate

AFP/Justin Tallis.
Gareth Southgate.

 

TIMNAS Italia lebih unggul dari Inggris jika dilihat dari rekor pertemuan kedua negara. Kedua tim sudah pernah bertemu 27 kali sebelumnya.

Kedua tim akan kembali bertemu di final Piala Eropa Senin (12/7) dini hari pukul 02.00 WIB di Stadion Wembley, London. Ini merupakan final kesepuluh buat Italia di turnamen mayor (enam Piala Dunia, Piala Eropa), sedangkan kelolosan ini merupakan final pertama buat Inggris di ajang terbesar benua Eropa.

Di partai nanti Italia boleh optimistis lantaran memiliki rekor pertemuan yang bagus. Italia dan Inggris sudah bertemu 27 kali. Italia mendomninasi dengan 11 kemenangan dan Inggris menang 8 kali. Sementara sembilan laga sisanya berakhir imbang.

Dari 27 laga itu enam di antaranya digelar di Stadion Wembley. Daya magis stadion yang dibangun pada 1923 itu pun tampak tak berarti bagi Timnas Italia. Dari enam laga itu, Italia berhasil meraih dua kemenangan sementara Inggris hanya satu kemenangan. Tiga laga lain berakhir imbang.

Pertemuan kedua tim terakhir di Wembley terjadi pada laga uji coba Maret 2018, sebelum Piala Dunia 2018. Saat itu kedua tim hanya bermain imbang 1-1. Gol Jamie Vardy pada menit ke-26 berhasil disamakan oleh Lorenzo Insigne tiga menit menjelang waktu normal berakhir.

Baca juga: Luis Diaz Tampil Apik, Kolombia Posisi Ketiga Copa Amerika

 

"Saya telah mengamati mereka dengan cermat selama dua tahun dan tahu pekerjaan yang dilakukan Roberto (Mancini),” kata pelatih Inggris, Gareth Southgate. Bagi Southgate, Italia merupakan tim yang paling pantas melangkah hingga ke final pesta sepakbola antarnegara Eropa ini.

Sementara itu, Italia berharap pada kebugaran Federico Chiesa setelah pemain sayap itu ditarik keluar dalam kemenangan adu penalti melawan Spanyol di semifinal. Sebagai antisipasi, Domenico Berardi bersiap untuk standby.

Azzurri  tentu saja masih tanpa Leonardo Spinazzola yang mengalami cedera kontra Belgia. Posisinya akan sekali lagi diperankan oleh Emerson Palmieri.

Mancini memiliki banyak pilihan pemain yang tersedia menyusul kemenangan mereka atas Spanyol. Susunan skuad kemungkinan tidak akan berubah meski mereka terpaksa memainkan dua pertandingan sebelumnya dengan melahap babak tambahan waktu.

Di kubu Inggris, Gareth Southgate akan kembali memutuskan untuk memainkan tiga atau empat bek di final nanti, tapi mungkin tetap dengan tim yang sama seperti semifinal kemarin. Gelandang timnas Italia Marco Verratti mengusung ambisi untuk menjungkalkan Inggris di depan suporternya.

“Inggris memiliki pemain hebat. Mereka cuma kebobolan satu gol di sepanjang turnamen. Mereka solid dan memiliki keseimbangan. Saya pikir mereka pantas berada di final. Ya, akan menjadi impian untuk menang di kandang mereka,” ujarnya. (Goal/Skysport/OL-14)

Baca Juga

AFP/Ben STANSALL

Hadapi Rangkaian Laga Melawan Klub Semenjana, Chelsea Diminta tidak Takabur

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 07:30 WIB
The Blues memiliki peluang emas memantapkan posisi mereka di puncak klasemen Liga Primer Inggris dalam lima laga ke...
AFP/Oli SCARF

Solskjaer Tegaskan Tolak Ditekan untuk Mainkan Ronaldo

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 06:45 WIB
Solskjaer memancing kontroversi ketika dia menempatkan Ronaldo di bangku cadangan saat Manchester United bermain imbang 1-1 dengan Everton...
MI/Seno

Wajah Baru Newcastle United

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 06:10 WIB
SUDAH lama Alan Shearer tidak pernah terdengar suaranya. Bintang sepak bola Inggris itu memang sudah lama gantung...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya