Kamis 08 Juli 2021, 09:53 WIB

Inggris Bertekad Cetak Sejarah di Piala Eropa

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Inggris Bertekad Cetak Sejarah di Piala Eropa

AFP/Catherine Ivill
Para pemain timnas Inggris merayakan kemenangan mereka atas Denmark di semifinal Piala Eropa 2020.

 

TIMNAS Inggris akan mengerahkan segala kekuatan di laga puncak Piala Eropa 2020 melawan Italia. The Three Lions mencapai final di turnamen besar untuk pertama kalinya dalam 55 tahun dengan menyingkirkan Denmark 2-1, Kamis (8/7) dini hari WIB.

Denmark membuka keunggulan lewat tendangan bebas dari Mikkel Damsgaard. The Three Lions membalas melalui torehan bunuh diri Simon Kjaer.

Skor 1-1 ini bertahan sampai akhirnya pasukan Gareth Southgate mendapatkan penalti yang dinilai kontroversi. Raheem Sterling disebut melakukan diving. Harry Kane, yang maju sebagai eksekutor sukses melesakan bola ke gawang Denmark.

Baca juga: Sekitar 1.000 Pendukung Italia Diizinkan ke London Tonton Final Piala Eropa

"Tidak ada tim Inggris yang melakukannya (mencapai final) sejak 1966 sehingga akhirnya bisa membawa negara ini ke tempat yang layak dan melakukannya di Wembley akan menjadi sesuatu yang istimewa," ujar bek Inggris Kyle Walker.

Di partai final di Wembley, Senin (12/7) dini hari WIB, Inggris akan menghadapi Italia, yang sehari sebelumnya menyingkirkan Spanyol lewat adu penalti. Walker pun sudah menatap pertandingan ini dan menjamin timnya akan memberikan segalanya demi mengalahkan Azzurri.

"Tapi, ada satu pintu lagi untuk dirobohkan dan saya bisa meyakinkan Anda bahwa masing-masing dari kami akan memberikan segalanya untuk memastikan kalau kami akan bisa merobohkan pintu terakhir itu (lawan Italia di final)," ujarnya.

Pelatih Inggris Gareth Southgate menilai tim asuhannya layak bangga dengan capaian ini. Dia meminta Harry Kane dan kawan-kawan tetap fokus untuk mempersiapkan diri menyongsong laga final nanti.

Dia menilai Italia merupakan tim dengan penampilan yang gemilang dan telah menunjukkan kapasitas juara sejak awal turnamen. Southgate pun meminta tim asuhannya untuk tampil tenang agar bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya di final.

"Kami harus menikmati fakta bahwa kami berada di final tetapi ada satu lagi rintangan besar yang harus ditaklukkan. Italia adalah tim yang sangat bagus dalam beberapa tahun terakhir. Mereka dalam performa luar biasa dan memiliki pertahanan yang bagus," ujar Southgate.

Timnas Inggris punya keuntungan tampil di final Piala Eropa 2020. Laga akan digelar di kandang sendiri yakni Stadion Wembley yang memungkinkan mereka mendapatkan dukungan maksimal dari suporter. (Goal/UEFA/OL-1)

Baca Juga

AFP/Filippo MONTEFORTE

Tottenham Dapatkan Perisic Dari Inter Milan

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:30 WIB
WINGER veteran Inter Milan, Ivan Perisic dilaporkan telah mencapai kesepakatan personal dengan Tottenham...
AFP/FRANCK FIFE

Pochettino: Saya Tidak Kaget Mbappe Putuskan Bertahan Di PSG

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 19:55 WIB
KEPUTUSAN Kylian Mbappe untuk bertahan di Paris Sain-Germain (PSG) tidak membuat Mauricio Pochettino...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Ronaldo dan Marselino Dipisah, Ini Penyebabnya

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 18:51 WIB
PELATH timnas Indonesia Shin Tae-yong menjelaskan alasan Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan dipisah. Padahal, kedua pemain tersebut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya