Selasa 06 Juli 2021, 10:01 WIB

Jelang Laga Hadapi Denmark, Inggris Lupakan Luka Semi Final Piala Dunia

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Jelang Laga Hadapi Denmark, Inggris Lupakan Luka Semi Final Piala Dunia

Paul ELLIS / POOL / AFP
Bek timnas Inggris Harry Maguire memberi keterangan pers di St George's Park, Burton-on-Trent, Inggris, Senin (5/7).

 

BEK Timnas Inggris Harry Maguire mengatakan Inggris lebih percaya diri menuju semi final Piala Eropa melawan Denmark daripada ketika mereka takluk di empat besar Piala Dunia tiga tahun lalu atas Kroasia.

Menurut Maguir, timnya saat ini berbeda, lebih berpengalaman, lebih tangguh, dan lebih siap jadi juara.

Laga nanti adalah kesempatan semi final kedua untuk Inggris di turnamen mayor. Sebelumnya mereka juga berhasil mencapai semifinal di Piala Dunia 2018 lalu.

Namun, skuad asuhan Gareth Southgate saat itu kalah 2-1 dari Kroasia pada semi final Piala Dunia 2018.

Bermain di kandang sendiri, Kamis (8/7) dini hari WIB dengan 60 ribu penonton yang diizinkan untuk menghadiri pertandingan di Wembley, Maguire yakin Inggris bisa lolos ke final.

"Kami mungkin memiliki sedikit lebih banyak kepercayaan diri untuk menghadapi pertandingan melawan Denmark daripada yang kami lakukan di pertandingan melawan Kroasia," kata kapten Manchester United itu.

"Kalah di semifinal Piala Dunia sangat menyakitkan, jadi kami harus memastikan bahwa kami mendapatkan hasil positif daripada yang kami dapatkan saat melawan Kroasia," lanjutnya.

Di Piala Eropa 2020 Inggris bermain dengan baik setelah awal yang lambat di fase grup. Mereka belum kebobolan dalam lima pertandingan dan telah membuat rekor nasional tujuh clean sheet berturut-turut, termasuk dalam dua pertandingan persahabatan sebelum turnamen.

"Ini merupakan nilai tambah yang nyata bagi kami. Tujuh clean sheet luar biasa. Ini bukan hanya kami para bek, itu datang dari tim, dari basis, dari fondasi para pemain depan menekan bola dan bekerja tanpa lelah," kata Meguire.

Meski percaya diri, Maguire juga harus mengakui Denmark bukan lawan mudah. Tim Denmark sekarang punya motivasi luar biasa, ketangguhan mental mereka tidak perlu diragukan lagi.

"Mereka tim kuat dengan pemimpin-pemimpin hebat dalam tim, punya pengalaman hebat. Kami tahu laga akan sulit, tapi kami fokus ke diri sendiri," ujarnya.

Performa Tim Dinamit--julukan Denmark-- terus menunjukkan grafik yang positif selama Piala Eropa 2020. Sempat menelan dua kekalahan di laga awal, torehan manis tim besutan Kasper Hjulmand itu belum terbendung hingga kini.

Denmark bisa menjadi ancaman tersendiri bagi lini belakang Inggris yang belum sekalipun kebobolan. Apalagi, di pertemuan terkahir mereka, Denmark berhasil mempermalukan Inggris di tempat yang sama.

Inggris kalah dengan skor 1-0 lewat gol tunggal dari Christian Eriksen pada laga UEFA Nations League, 15 Oktober 2020 lalu.

"Kami memiliki sebuah ambisi sebelum terjun ke turnamen, yakni kembali ke Wembley. Tidak benar jika saya mengatakan bahwa kami biasa saja dengan capaian luar biasa tampil di semifinal ini," kata Kapten Timnas Denmark Simon Kjaer. (Mal/AFP/UEFA/OL-09)

Baca Juga

AFP

Carrick Mundur Dari MU Usai Menang atas Arsenal

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:40 WIB
MICHAEL Carrick memutuskan mundur dari Manchester United setelah membawa timnya menang atas Arsenal, Jum'at (3/12) dini hari...
AFP

Hebat, Ronaldo Tembus 800 Gol

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:30 WIB
CRISTIANO Ronaldo berhasil melewati rekor 800 gol sepanjang kariernya di sepak bola...
AFP/Ben STANSALL

Ronaldo Dituntut Beradaptasi Dengan Gaya Rangnick

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:41 WIB
CRISTIANO Ronaldo diminta untuk mengubah gaya bermain agar tetap menjadi andalan Manchester United era Ralf...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya