Rabu 30 Juni 2021, 03:15 WIB

Zlatko Dalic Ngotot Latih Kroasia Kendati Dianggap Gagal di Euro 2020

Ant | Sepak Bola
Zlatko Dalic Ngotot Latih Kroasia Kendati Dianggap Gagal di Euro 2020

AFP
Zlatko Dalic

 

ZLATKO Dalic menymegaskan ingin tetap melanjutkan tugasnya sebagai pelatih tim nasional Kroasia walaupun ia dihujani kritik setelah langkah mereka terhenti di babak 16 besar Euro 2020.

Kroasia kalah dalam drama delapan gol yang berakhir dengan kemenangan Spanyol 5-3 di Kopenhagen, Senin (28/6). Penampilan negara Balkan itu sepanjang turnamen mendapat hujan kritik dari para pandit serta media lokal.

Kendati demikian, Dalic berkukuh bahwa para pemainnya tersingkir tanpa penyesalan sebab mampu melunasi defisit 1-3 untuk memaksakan pertandingan kontra Spanyol berlanjut ke babak tambahan. Walau akhirnya kebobolan dua gol cepat yang mengakhiri kiprah mereka.

Ia juga menegaskan bahwa setelah tersingkir dari Euro 2020, sekarang di kepalanya hanyalah tentang bagaimana cara untuk melaju mulus dalam kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Saya melakukan kesalahan dan siap bertanggung jawab karena pada akhirnya sayalah yang mengambil semua keputusan," kata Dalic setibanya di markas timnas Kroasia di Rovinj, Selasa (29/6).

"Jika ditinjau ulang, ada beberapa hal berbeda yang ingin saya lakukan. Tetapi yang ada di kepala saya sekarang adalah bagaimana meloloskan kami ke Piala Dunia 2022 di Qatar dan laga penting kontra Rusia 1 September nanti.

"Kami tidak perlu malu. Ada beberapa kesalahan kecil yang memang tidak boleh dilakukan melawan tim sekelas Spanyol yang bisa menghukum dengan sadis. Tapi itu bagian dari perkembangan tim, walaupuan sebagai harganya kami harus melewatkan kesempatan tampil di perempat final," tambah Dalic.

Kroasia memimpin lebih dulu atas Spanyol berkat hadiah gol bunuh diri kiper Unai Simon. Tetapi kemudian kebobolan gol Pablo Sarabia karena kelengahan timnya saat Ante Rebic tengah mengencangkan tali sepatu di tepi lapangan.

Lantas ketika gol ketiga Spanyol yang dicetak Ferran Torres terjadi, bek kiri Josko Gvardiol juga memalingkan pandangannya dari bola karena tengah meminum air.

Dalic enggan menyalahkan Rebic maupun Gvardiol atas kelengahan konsentrasi itu dan menyatakan Kroasia sudah memenuhi target awal mereka, yakni mencapai babak gugur Euro 2020.

"Kami tidak lolos secara kebetulan, karena menjadi runner-up grup. Tentu kami bisa lebih baik dari sekadar terhenti di 16 besar, tapi kali ini harus diakui kami tidak pantas mendapatkan lebih. Pun demikian, saya pikir tim ini punya masa depan gemilang," katanya.

"Saya sedih dan bangga dalam waktu bersamaan. Sedih karena para pemain sudah mengerahkan seluruh kemampuannya, juga para suporter yang sudah mengeluarkan uang dan menghabiskan waktunya untuk mendukung kami, tetapi bangga karena apa yang kami lakukan sudah optimal melawan salah satu tim terbaik di dunia," tutup Dalic.

Dalic mengaku belum melakukan pembicaraan dengan kapten Luka Modric yang kini sudah berusia 35 tahun serta beberapa pemain senior lainnya tentang rencana melanjutkan membela Kroasia. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Tampil Agresif, Arema Tekuk Persiraja

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 04:25 WIB
Kemenangan ini membuat Arema FC merangsek ke posisi empat klasemen Liga 1 dengan 15 poin dari delapan pertandingan, empat menang, tiga...
Twitter Borrusia Dortmund

Tanpa Haaland, Dortmund Tekuk Arminia

👤Ant 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 23:40 WIB
Dortmund yang bertandang ke markas Arminia Bielefeld sukses menundukkan tuan rumah dengan skor...
Twitter Bayern Muenchen

Muenchen Pesta Gol di Gawang Hoffenheim

👤Ant 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 23:29 WIB
Gnabry, Lewandowski, Maxim Choupo-Moting dan Coman masing-masing menyumbangkan satu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya