Senin 28 Juni 2021, 10:25 WIB

Belanda Tersingkir di Euro 2020, De Ligt Sesali Kartu Merahnya

Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola
Belanda Tersingkir di Euro 2020, De Ligt Sesali Kartu Merahnya

AFP/ BERNADETT SZABO
Pemain Timnas Belanda Matthijs De Ligt menyesali kartu merahnya yang mengakibatkan timnya tersingkir di Euro 2020.

 

Perjalanan Tim Nasional (Timnas) Belanda di Euro 2020 berakhir setelah tersingkir di babak 16 besar, De Oranje julukan untuk Belanda kalah 0-2 dari Timnas Republik Ceko, Minggu, (27/6) malam WIB.

Bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-55 akibat kartu merah bek Belanda Matthijs De Ligt , kondisi itu mampu dimanfaatkan Ceko untuk meraih kemenangan lewat dua gol dari Tomas Holes (68') dan Patrik Schick (80').

Berbicara setelah laga berakhir, bintang muda Belanda De Ligt mengakui dirinya merasa bertanggung jawab atas kekelahan negaranya itu.

"Kami kalah karena tindakan saya, rasanya sangat menjengkelkan. Tentu saja ini buruk," ucap De Ligt dikutip dari Goal, Senin, (28/6) WIB.

Pelanggaran yang dialami De Ligit terjadi sepuluh menit saat memasuki babak kedua, pemain berusia 21 tahun itu melakukan blunder ceroboh sehingga ia menyentuh bola dengan tangan dan kartu merah pun diberikan saat kedudukan 0-0.

"Kami mengontrol laga dengan baik dan tiba-tiba bola datang, saya membiarkannya memantul, yang ternyata bukan keputusan tepat, saya terdorong dan nyaris jatuh, saat itulah saya menyentuh bola dengan tangan," jelas De Ligt.

"Pada akhirnya momen ini mengubah jalannya pertandingan dan saya tak dapat menerima kondisi itu. Saya menyaksikan menit-menit akhir bagaimana rekan-rekan saya kelimpungan, saya sangat menyalahkan diri saya," sambungnya.

Dalam pertandingan babak pertama kedua tim terlihat tanpa ragu melancarkan serangan, tetapi baik Belanda maupun Ceko gagal memecahkan kebuntuan hingga turun minum.

Belanda lebih banyak menciptakan peluang tetapi gagal menemui sasaran, kesempatan terbaik De Oranje terjadi pada menit ke-13 ketika kiper Tomas Vaclik terpancing keluar dari sarangnya dan Ceko butuh aksi gemilang Tomas Kalas untuk mematahkan tembakan Denzel Dumfries.

Peluang lainnya untuk Belanda, juga terjadi pada menit ke-52 di mana Donyell Malen yang mampu mengendalikan umpan dari Memphis Depay untuk melewati setidaknya dua bek Ceko, strateginya di baca oleh Vaclik untuk segera merebut bola ke dalam pelukannya.

"Saya tidak merasa pertandingan lepas dari cengkraman kami, kami mengontrolnya dan menciptakan beberapa peluang saat babak pertama. Republik Ceko adalah tim yang kuat secara fisik dan tidak ragu berduel, saya rasa ini laga yang sama-sama imbang di mana kartu merah saya jadi pembeda," terang De Ligt.

"Piala Eropa adalah kesempatan emas, tetapi jika anda tersingkir dengan cara seperti ini, rasanya perih sekali. Kami bermain bagus pada fase grup. Lalu kami terhempas pada babak 16 besar melawan Republik Ceko. Pahit sekali," ucapnya.

Sementara itu, Pelatih Timnas Belanda Frank De Boer menyebutkan kegagalan skuadnya pada pertandingan ini terjadi karena penyelesaian akhir timnya, di mana timnya tidak memiliki penyelesaian akhir yang baik pada tiap peluang yang tercipta.

"Mereka adalah lawan yang sulit, tetapi saya pikir kami lebih baik sebelum adanya kartu merah," ujar Frank De Boer dilansir dari UEFA.

"Kami mendominasi permainan, bahkan Dumfries mencapai kotak penalti beberapa kali di babak pertama begitu juga dengan Van Aanholt. Tetapi dalam setiap peluang kami tidak memiliki penyelesaian akhir yang baik," terangnya.

Adapaun berdasarkan catatan UEFA ini merupakan kemenangan kelima dari tujuh pertandingan internasional terakhir Ceko melawan Belanda. Telah memenangkan empat dari lima perempat final Euro mereka, Ceko kini bersiap menghadapi Timnas Denmark di perempat final yang akan berlangsung pada Sabtu, (3/7) malam WIB. (Goal/UEFA/OL-13)

Baca Juga

Twitter Leicester

Setan Merah Tergelincir di Kandang Leicester

👤Gregorius Gelino 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 00:11 WIB
The Foxes menang dengan skor 4-2 atas The Red Devils. Bagaimana nasib...
Twitter Liverpool

Hattrick Firmino Bawa Liverpool Gilas Watford

👤Ant 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 22:22 WIB
Roberto Firmino mencetak tiga gol, dan Sadio Mane serta Mohamed Salah masing-masing membukukan satu...
ANTARA/Heru Suyitno

Persita Bermain Imbang Lawan Persiraja 1-1

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 20:38 WIB
Gol tim Persita dihasilkan melalui sundulan kepala Alex Dos Santos Gonsalves pada menit-menit terakhir menjelang selesainya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya