Selasa 10 Juli 2018, 19:45 WIB

Enrique Ditunjuk Jadi Arsitek Timnas Spanyol

Antara | Sepak Bola
Enrique Ditunjuk Jadi Arsitek Timnas Spanyol

AFP
Enrique Ditunjuk Jadi Arsitek Timnas Spanyol

 

FEDERASI Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah menunjuk Luis Enrique untuk menjadi pelatih La Furia Roja yang baru dengan ikatan kontrak dua tahun, kata Presiden RFEF Luis Rubiales pada konferensi pers yang berlangsung pada Senin (9/7) waktu setempat atau Selasa (10/7) dini hari WIB.

"Keputusan ini mutlak. Saya menyukai komitmennya dan ia telah menolak tawaran-tawaran dengan bayaran yang lebih baik untuk melatih Spanyol. Ia adalah pelatih yang memenuhi semua persyaratan yang diminta federasi," kata Rubiales.

Mantan gelandang Sporting Gijon, Real Madrid, dan Barcelona, Luis Enrique memenangi dua gelar Liga Spanyol, satu Liga Champions, dan tiga Piala Raja sebagai pelatih Barca sejak 2014 sampai 2017.

Ia juga pernah melatih tim cadangan Celta Vigo dan Barca dan menghabiskan setahun terakhir untuk beristirahat sejak meninggalkan Nou Camp pada Juni 2017.

Enrique menggantikan pelatih sementara Fernando Hierro, yang mengarsiteki tim pada Piala Dunia tahun ini setelah Julen Lopetegui dipecat sehari sebelum turnamen akbar dimulai karena tingkah lakunya terkait negosiasinya untuk melatih Real Madrid.

Hierro mengatakan pada Minggu (8/7) bahwa ia meninggalkan perannya sebagai direktur teknik dengan federasi, menyusul perjalanan mengecewakan Spanyol yang membuat sang juara 2010 tersingkir pada 16 besar Piala Dunia akibat kalah adu penalti dari Rusia.

Pada Senin pagi, federasi mengumumkan bahwa Jose Molina menggantikan Hierro sebagai Direktur Teknik. Rubiales juga mengatakan sebelum penunjukan Luis Enrique bahwa para pemain Spanyol tidak diberitahu siapa yang akan menjadi pelatih baru.

Pertandingan pertama Enrique sebagai pelatih Spanyol akan dilakukan pada pertandingan tandang UEFA Nations League melawan Inggris di Stadion Wembley pada 8 September.

Sebagai pelatih Barca, Enrique pernah bekerja dengan sejumlah pemain internasional Spanyol yakni Jordi Alba, Sergio Busquets, dan Gerard Pique, serta Andres Iniesta yang telah pensiun dari sepak bola internasional.

Pique belum mengumumkan apakah dirinya berencana mewujudkan ucapannya sebelumnya untuk pensiun dari timnas Spanyol setelah Piala Dunia, yang ia lontarkan pada 2016. (OL-1)

 

Baca Juga

AFP/Ben STANSALL

Hadapi Rangkaian Laga Melawan Klub Semenjana, Chelsea Diminta tidak Takabur

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 07:30 WIB
The Blues memiliki peluang emas memantapkan posisi mereka di puncak klasemen Liga Primer Inggris dalam lima laga ke...
AFP/Oli SCARF

Solskjaer Tegaskan Tolak Ditekan untuk Mainkan Ronaldo

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 06:45 WIB
Solskjaer memancing kontroversi ketika dia menempatkan Ronaldo di bangku cadangan saat Manchester United bermain imbang 1-1 dengan Everton...
MI/Seno

Wajah Baru Newcastle United

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 06:10 WIB
SUDAH lama Alan Shearer tidak pernah terdengar suaranya. Bintang sepak bola Inggris itu memang sudah lama gantung...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya