Minggu 17 April 2022, 04:00 WIB

Mempertebal Takwa Meraih Keberkahan

DINDA SHABRINA | Ramadan
Mempertebal Takwa Meraih Keberkahan

MI/ BARY FATHAHILAH
PERBANYAK IBADAH DI BULAN SUCI RAMADHAN

 

BULAN Ramadan dikenal sebagai bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini pula Allah SWT memberi kesempatan bagi kita untuk banyak melakukan perbuatan yang baik dan bermanfaat.

Melimpahnya keberkahan pada bulan Ramadan hendaknya menjadi ladang bagi kita untuk mempertebal iman dan menambah ketaatan kepada Allah dengan memperbanyak berbuat kebaikan.

Ustaz Asep Suryana As-Shieddieqy mengatakan jika perjalanan hidup kita semakin bertambah dan semakin bertambah pula kualitas ibadah kita kepada Allah, itu menjadi salah satu tanda keberkahan yang kita dapat.

Hal itu diutarakannya saat membawakan materi kajian Makna dan Hakikat Ramadan yang diadakan DKM Masjid Surya Al-Athaya The Papandayan secara daring, Rabu (13/4).

"Kita bisa mengukur hidup kita sudah mendapat berkah atau belum dengan melihat situasi diri kita yang sekarang. Kalau perjalanan hidup kita semakin hari semakin mantap ibadahnya, maka itu insya Allah berkah,” kata ustaz Asep Suryana.

Dalam sebuah hadis, sebut Asep, Rasulullah SAW mengatakan manusia yang terbaik di hadapan Allah ialah mereka yang semakin bertambah umurnya, semakin baik pula ibadahnya. Sebaliknya, manusia yang terburuk di hadapan Allah ialah mereka yang semakin bertambah umurnya, semakin jauh ia dari Allah, semakin bergelimang dengan dosa dan kemaksiatan.

Berkah, kata ustaz, selain menjadikan kualitas diri kita menjadi lebih baik, juga bisa meningkatkan ketenangan dalam jiwa. Banyaknya berkah yang diberikah Allah kepada kita juga membuat kita menjadi lebih memprioritaskan ibadah serta menjaga kekhusyukan kita.

 

Dirindukan surga

Selain pentingnya meraih keberkahan, Asep juga menjelaskan bahwa ada golongan orang-orang yang kelak akan dirindukan surganya Allah. Mungkin kita sering mengatakan kita sangat merindukan surga Allah, tetapi untuk empat golongan itu, justru ia yang dirindukan surga.

Pertama, ungkap Asep, tentu saja karena saat ini bulan Ramadan, golongan itu merupakan mereka yang berpuasa pada bulan Ramadan. Ustaz Asep mengatakan barang siapa yang menjalankan puasa dengan baik, menjalankan ibadah puasanya tidak sekadar menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan diri dari sesuatu yang haram, insya Allah mereka termasuk dalam golongan yang dirindukan surga-Nya.

Golongan kedua, lanjutnya, ialah mereka yang senantiasa melantunkan ayat suci Alquran. "Di bulan Ramadan ini, perbanyaklah membaca Alquran karena tedapat 10 kebaikan di setiap hurufnya. Alif lam mim, tidak dibaca sebagai satu huruf. Melainkan alif satu, lam satu, dan mim satu," jelasnya.

Golongan ketiga yang dirindukan surga ialah mereka yang bisa menjaga lisannya, menghindari perkataan yang memicu pertikaian, menghiasi lidahnya dengan zikir, dan senantiasa mengingat Allah.

“Selamatnya manusia itu tergantung bisa tidaknya dia menjaga lisannya. Lidah tidak bertulang, tapi efeknya dahsyat. Maka, perbanyaklah zikir dan mengingat Allah daripada berucap yang tidak baik,” paparnya.

Terakhir, sebut Asep, golongan keempat orang yang dirindukan surganya Allah ialah mereka yang suka bersedekah. Memberi makan orang lapar, memberi makan kepada fakir miskin dan anak yatim, kata Ustaz Asep, banyak sekali pahala yang akan diberikan Allah kepada kita.

“Untuk itu, di bulan Ramadan ini, manfaatkan waktu kita untuk terus berbuat baik dan meraih keberkahan-Nya. Semoga saja kita menjadi salah satu bagian dari keempat golongan tadi,” tandas ustaz Asep. (H-2)

Baca Juga

Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...
Dok. Mahasiswa Diaspora di Saint Petersburg

Lebaran Penuh Kegembiraan di Saint Petersburg

👤 Naila Maziya Labiba ! Mahasiswi Program Master di Saint Petersburg State Technological Institute (Technical University) 🕔Jumat 06 Mei 2022, 14:25 WIB
Acara silaturahim yang bertemakan Pulang Kampoeng ke Rumah Nenek dibuka dengan sambutan Ketua persatuan mahasiswa Indonesia di Saint...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Minggu, 22 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN