Jumat 20 Januari 2023, 20:10 WIB

Bawaslu Gandeng Influencer, Tingkatkan Partisipasi Masyarakat 

Kautsar Widya Prabowo | Politik dan Hukum
Bawaslu Gandeng Influencer, Tingkatkan Partisipasi Masyarakat 

Medcom
Ilustrasi Bawaslu

 

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengatakan partisipasi masyarakat dibutuhkan dalam mengawal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 agar berjalan dengan baik. Oleh karenanya, Bawaslu berencana menggandeng mereka yang dapat memberikan pengaruh di masyarakat atau influencer.

"Keterlibatan dari para influencer yang memang kontribusinya cukup besar, di kala teknologi informasi sudah meningkat saat ini di kala segmen terkait penyebaran infromasi melalui influencer itu sangat memudahkan," ujar anggota Bawaslu Herwyn J H Malonda dalam diskusi media bersama Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) di Media Center Bawaslu, Jumat (20/1).

Herwyn berharap dengan menggandeng infulencer, informasi mengenai pemilu dapat diterima secara luas. Sehingga keterlibatan publik dalam pesta demokrasi dapat meningkat.

Baca juga: KPU Ingatkan Ancaman Pidana Kampanye Pemilu di Luar Jadwal

"Kami akan berupaya infromasi yang ada di Bawaslu, penyelenggaraan atau pengawasan pemilu yang ada di Bawaslu akan dinikmati oleh seluruh masyarakat," bebernya.

Selain itu, Herwyn menjelaskan peran pemuda untuk terjun mengawasi jalannya Pemilu 2024 semakin terbuka lebar. Pasalnya, batas usia untuk panitia pengawas pemilu (Panwaslu) 2024 tingkat kelurahan atau desa, 21 tahun.

"Kita akan perluas segmen (calon panwaslu) ke depan tidak sekadar kalangan muda," jelasnya. (P-5)

Baca Juga

MI/HO

Purnawirawan TNI AD dan Warga Pos Pengumben Curhat ke Komisi I DPR

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
SEJUMLAH purnawirawan TNI AD dan warga Pos Pengumben menggelar audiensi dengan Komisi I DPR RI membahas sengketa lahan di Kelurahan Kelapa...
Dok. Peradi

Kunjungi MA, Advokat Malaysia Pelajari Sistem Peradilan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Para advokat dari Malaysia yang didampingi pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), terlihat antusias menyimak paparan dari...
Medcom/Kautsar Widya Prabowo.

Bertemu Dua Jam, PKS-NasDem Sepakat Jaga Demokrasi Tetap Kondusif

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:24 WIB
Sohibul bersama Surya Paloh sepakat untuk menjaga dinamika politik yang terus meningkat. Harapannya, kondisi politik di Indonesia dapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya